Satpol PP Dibekali Pelatihan Siaga Bencana


Rabu, 16 Desember 2015 - 04:00:55 WIB
Satpol PP Dibekali Pelatihan Siaga Bencana

“Pelatihan seperti ini sangat penting bagi para personel, mengingat Kota Padang merupakan daerah yang rawan ditimpa bencana, sehingga pemahaman tentang kebencanaan sangat diperlukan bagi Satpol PP Kota Padang,” Kata Kasat Pol PP Kota Padang, Firdaus Ilyas.

Ia menambahkan, pelatihan ini sangat penting bagi anggota karena mengingat Satpol PP itu merupakan pelayan masyarakat dan wajib memberikan rasa tenang untuk kenyamanan dan ketertiban bagi masyarakat.

Baca Juga : GOR H Agus Salim Padang Ditutup, Pedagang: Sabtu dan Minggu Harinya Kami

“Ketika datangnya bencana, anggota Pol PP dapat mengimplementasikan ilmu dari pelatihan yang didapat selama dua hari ini (kemarin dan hari ini (16/12), red) baik itu untuk masyarakat maupun untuk keluarga mereka,” tuturnya.

Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana ini dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 15 hingga 16 Desember 2015. Adapun kegiatan kebencanaan untuk Satpol PP Kota Padang sendiri adalah materi kebencanaan dan Rabu (16/12) adalah praktikl lapangan.

Baca Juga : Layanan Kesehatan Warga Binaan, Rutan Padang Teken MoU dengan Puskesmas Anak Air

Sementara itu pemateri dalam pelatihan ke­siapsiagaan bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah & Pemadam Kebakaran (BPBD-PK) Kota Padang Nasrul Sugana mengatakan, untuk Kota Padang setiap kecamatan telah dilakukan pemetaan tentang daerah yang rawan bencana yang harus dipahami oleh setiap anggota.

Ia juga menerangkan bagaimana seharusnya Satpol PP dalam memberikan pertolongan dan evakuasi pada korban yang terdampak bencana.

Baca Juga : Memasuki Musim Kemarau, Perumda AM Kota Padang Minta Warga Hemat Air

“Dalam bencana, banyak hal yang bisa terjadi pada korban seperti luka, patah organ tubuh, bahkan kemungkinan terburuk meninggal dunia, sehingga setiap anggota satuan juga harus mengetahui bagaimana pertolongan pertama pada korban,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Sumber Daya Aparatur (SDA) Satpol PP Kota Padang, Irwan kepada Haluan mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pembinaan terhadap personel Satpol PP Kota Padang dengan dibekali tentang kesiapsiagaan bencana. (h/mg-adl)

Baca Juga : 61 Nakes di Puskesmas Andalas Siap Divaksinasi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]