Tidak Periksa C6 Pemilih

Proses Bimtek Linmas Tidak Maksimal


Rabu, 16 Desember 2015 - 04:03:29 WIB
Proses Bimtek Linmas Tidak Maksimal

Menurut Ketua KPU Padang M Sawatri, tidak hanya KPPS yang tidak cermat, petugas Linmas juga tidak cermat memeriksa formulir C6 atau undangan memilih yang dibawa pe­milih ke TPS. Ini dika­renakan, bimtek bagi Lin­mas telah over capacity.

“Kita tidak mencari-cari kambing hitam atau ke­salahan pada orang lain, kami juga mengakui bahwa KPPS tersebut tidak teliti dalam menjalankan tu­gas­nya padahal sebelumnya saat bimbingan teknis (Bim­tek) kami sudah sampaikan berkali-kali untuk lebih hati-hati dan cermat,” jelas­n­y­a, kepada wartawan, Se­lasa (15/12).

Baca Juga : Warga Sungai Sapiah Padang Mulai Berdatangan Menyambut Kedatangan Jenazah Angga

Menurutnya, salah satu tugas Linmas yakni me­meriksa formulir C6 pe­milih sebelum masuk ke dalam atau sebelum ke anggota KPPS. Namun hal tersebut tidak jalan, dan ditambah lagi petugas KPPS tidak teliti pada C6 tersebut makanya terjadi hal de­mikian.

“Kalau dikatakan Bim­tek tidak maksimal, bagai­mana dengan KPPS yang lainnya yang menjalankan tugas sesuai dengan yang kami ajarkan di Bimtek, dan KPPS yang lain tidak ada terjadi hal de­mi­kian,” sam­bungnya. Ia juga melihat, saat menjadi pemateri da­lam Bimtek Linmas, jumlah peserta terlalu banyak atau over capacity.

Baca Juga : GOR H Agus Salim Padang Ditutup, Pedagang: Sabtu dan Minggu Harinya Kami

“Saat saya memberikan pelatihan pada anggota Lin­mas, itu jumlahnya 500 orang sekali di Bimtek oleh Panwaslu, KPU, dan pihak kepolisian kondisi ini ten­tunya sudah melebihi se­hingga materi yang kami berikan tidak sampai hingga ke peserta yang duduknya di belakang,” tambahnya.

Ia juga berharap, ini akan menjadi pelajaran penting bagi KPPS, PPK, dan ten­tunya KPU sendiri untuk ke de­pannya lebih cermat dan hati-hati dalam me­lak­sana­kan tugas pada proses pemilu.

Baca Juga : Layanan Kesehatan Warga Binaan, Rutan Padang Teken MoU dengan Puskesmas Anak Air

Terkait tahapan Pilkada sendiri, KPU Padang laku­kan pleno hasil rekap pe­milihan gubernur pada tang­gal 17 Desember 2015 pu­kul 08.30 WIB hingga sele­sai di Hotel Bumi M­i­nang Padang. “Sesuai dengan yang te­lah ditetapkan oleh pro­vinsi kita akan me­lak­sanakan pleno pada Ka­mis men­datang,” pungkas M Sawatri. (h/mg-rin)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]