Akuntabilitas Kinerja Pemprov Riau Meningkat


Rabu, 16 Desember 2015 - 04:10:00 WIB
Akuntabilitas Kinerja Pemprov Riau Meningkat

Penghargaan tersebut langsung diserahkan Menpan RB Yudi Krisnandi dan diterima Plt Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman. Pemerintah Provinsi Riau mendapat nilai rata-rata meningkat bila dibandingkan tahun 2014 yang lalu.

“Nilai rata-rata meningkat dari 59,21 pada tahun 2014, dan tahun 2015 ini menjadi 60,47. Sedangkan nilai rata-rata untuk kementerian meningkat dari 64,70 pada tahun 2014 menjadi 65,82 pada tahun 2015,” ujar Kepala biro Humas Setdaprov Riau, Darusman.

Darusman menjelaskan, penghargaan tersebut diberikan kepada beberapa Pemerintah Provinsi diantaranya untuk Gubernur Riau,  Gubernur Banten, Gubernur Kaltim, Pj. Gubernur Sumatera Barat, Gubernur Jawa Tengah,dan Gubernur Yogyakarta.

“Ini merupakan hasil komitmen yang senantiasa berusaha menerapkan tata pemerintahan yang baik, khususnya pada asas akuntabilitas dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan,” ungkap Darusman.

Untuk diketahui, penghargaan dan hasil evaluasi atas akuntabilitas kinerja di lingkungan kementerian/lembaga dan Pemerintah Provinsi, dibutuhkan komit­men pimpinan dan upaya berkelanjutan tentang pentingnya membangun pemerintah yang berorientasi hasil (outcome).

Jika instansi pemerintah hanya fokus dan berhenti pada keluaran (output) dari pelaksanaan program dan kegiatan, tidak dapat diketahui apakah program dan kegiatan yang telah dilaksanakan dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

Nilai tersebut menunjukkan tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil (outcome) terhadap Penggunaan Anggaran dalam rangka terwujudnya Pemerintahan yang berorientasi kepada Hasil ( Result Oriented Government). (h/hr)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]