Dinilai Belum Layak Jadi Perda

DPRD Sumbar Kembalikan Ranperda Nagari


Rabu, 16 Desember 2015 - 04:13:36 WIB
DPRD Sumbar Kembalikan Ranperda Nagari

“Draf awal Ranperda Na­gari kita kembalikan ke­pada Pemprov Sumbar. Ma­sih banyak yang perlu di­sempurnakan sehingga be­nar-benar merangkul se­lu­ruh kabupaten/kota. Jadi pe­ngesahan Ranperda Na­ga­ri ditunda dulu,” kata Ketua Panitia Khusus (Pan­sus) Penyusunan Ranperda Na­gari, Aristo Munan­dar saat dihubungi Selasa (15/12).

Dengan dikem­balikan­nya draf tersebut, maka mau tak mau Sumbar bakal ter­lam­­bat dalam menetapkan de­sa adat. Karena peneta­pan Perda itu paling lambat di­lakukan 15 Januari 2016 men­­datang, atau 1 tahun se­te­lah disahkannya Un­dang-Un­dang Nomor 6 Ta­hun 2014 pada 15 Januari 2015.

Baca Juga : 10 Pejabat di Pasaman Divaksin Perdana Jumat Lusa

Hal lain yang juga jadi per­soa­­lan adalah, belum ada­nya kabupaten/kota yang me­­netapkan status nagari me­­reka sebagai desa adat. Pa­­dahal sesuai Undang-Un­dang Nomor 6 Tahun 2014, ka­bupaten/kota lah yang ber­­wenang mene­tap­kan­nya. “Aturan dan pedoman yang bisa menuntun daerah untuk menetapkannya juga belum ada,” ujar Aristo.

Ia me­ngu­rai, diperlukan waktu untuk kabupaten/kota menyelesaikan masa­lah ini. Karenanya mereka akan diberi kesempatan menetapkan dulu desa adat di wilayah kerja masing-masing. Beberapa masalah lainnya juga belum tuntas, seperti kelembagaan adat, hak asal usul dan kewe­nangan, tata cara pem­ben­tukan nagari sebagai desa adat dan lainnya perlu dije­las­kan dalam Ranperda.

Baca Juga : Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19, Bupati Tanah Datar Sampaikan Bahaya Pandemi

“Semua ini harus diper­bincangkan dan disepakati dengan kabupaten/kota. Pemkab juga memiliki atu­ran tentang desa/naga­rinya,” ujarnya. 

Mengingat banyaknya per­masalahan yang harus di­tuntaskan, maka diper­lu­kan draf ranperda yang be­nar-benar lengkap dan tak bertentangan dengan sa­lah satu daerah. Perda Na­ga­ri dinilai cukup sen­si­tif kare­na langsung me­nyen­­tuh ke­hi­dupan masya­ra­kat. DPRD berkeinginan ke­beradaan Perda ini nanti ti­dak me­nim­bulkan masa­lah baru di tengah masya­ra­kat. 

Baca Juga : Termin ke Dua Tahap I, Sumbar Terima Lagi 29.880 Dosis Vaksin Sinovac

Sementara itu, Sek­da­prov Sumbar, Ali As­mar pada Paripurna DPRD yang berlangsung Senin (14/12) menyampaikan, akan se­gera meminta SKPD terkait dan Biro Hukum untuk menyusun ulang draf yang dikembalikan tersebut. Be­lum ada target waktu kapan akan diselesaikan. Namun, Ali menjanjikan secepatnya. (h/mg-len)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 27 Januari 2021 - 16:38:24 WIB

    10 Pejabat di Pasaman Divaksin Perdana Jumat Lusa

    10 Pejabat di Pasaman Divaksin Perdana Jumat Lusa Pemerintah Kabupaten Pasaman menjadwalkan pemberian vaksinasi Covid-19 untuk ribuan tenaga kesehatan di daerah itu dimulai pada Jumat (21/1/2021). Demikian dikatakan Plt Kepala Dinas Kesehatan setempat, dr Rahadian Suryanta L.
  • Rabu, 27 Januari 2021 - 15:22:10 WIB

    Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19, Bupati Tanah Datar Sampaikan Bahaya Pandemi

    Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19, Bupati Tanah Datar Sampaikan Bahaya Pandemi Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melalui Satgas Covid-19 serta instansi terkait, semenjak mulai merebaknya kasus terkonfirmasi positif pada Maret 2020 lalu, telah melakukan berbagai upaya pemutusan penyebarannya, namun sepert.
  • Rabu, 27 Januari 2021 - 12:27:06 WIB

    Termin ke Dua Tahap I, Sumbar Terima Lagi 29.880 Dosis Vaksin Sinovac

    Termin ke Dua Tahap I, Sumbar Terima Lagi 29.880 Dosis Vaksin Sinovac Vaksin Sinovac termin ke dua tahap I diterima Dinas Kesehatan Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (26/1/2021). Vaksin yang diterima tersebut adalah tambahan dari termin pertama untuk diperuntukkan untuk 17 kabupaten dan kota..
  • Rabu, 27 Januari 2021 - 11:28:02 WIB

    Dinkes Padang Pariaman Terima Vaksin Covid-19 dari Dinkes Provinsi

    Dinkes Padang Pariaman Terima Vaksin Covid-19 dari Dinkes Provinsi Dinas Kesehatan Padang Pariaman, menerima vaksin dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat. Vaksin Covid-19 tersebut, dikawal langsung kedatangannya oleh Satuan Brimob Polda Sumbar dan anggota Polres Padang Pariaman, Rabu .
  • Rabu, 27 Januari 2021 - 09:23:48 WIB

    RSUD Tapan Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19 Pada Lintas Sektor

    RSUD Tapan Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19 Pada Lintas Sektor RSUD Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan melakukan pertemuan lintas sektor dalam rangka sosialisasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Kegiatan itu dihadiri unsur Muspika Basa Ampek Balai Tapan, Direktur RSUD Tapan, Kasubag TU dan .
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]