Massa Datangi KPU Agam


Rabu, 16 Desember 2015 - 04:26:52 WIB
Massa   Datangi KPU Agam Massa pendukung salah satu calon bupati dan wakil bupati mendatangi KPU Agam, Selasa (15/12) menuntut penjelasan soal dugaan kejanggalan pada Pilkada 9 Desember lalu. (RAHMAT HIDAYAT)

AGAM, HALUAN —  Ratu­san massa pendukung pasa­ngan calon bupati dan wakil bupati Agam, nomor urut satu Irwan Fikri- Chairunas berunjuk rasa di Kantor Pemilihan Kabupaten Agam, Selasa (15/12). Mas­sa mendesak agar KPU Se­tempat memenuhi tuntutan meraka bisa diakomodir.

Kedatangan massa pasa­ngan Calon Bupati dan wakil Bupati Agam, nomor urut satu Irwan Fikri- Chairunas datang ke kantor KPU Agam sekitar pukul 11.00 WIB di bawah penga­manan Polres Agam, dan Kodim 0354-Agam. Dalam kesempatan itu mereka menyampaikan orasi di hadapan para komisioner, aksi tersebut bubar sekitar 17.30 WIB.

Setelah menyuarankan keti­dak­puasannya, kemudian pihak kepolisian memfasilitasi per­wakilan masyarakat pendukung Irwan Fikri untuk bertemu de­ngan KPU Agam. Perwakilan pendu­kung Irwan Fikri tersebut antara lain adalah, Yahde Yanuar, Novi Endri Dt Simarajo, Mu­drika, Wahyu, Dharman Khalid didam­pingi kuasa hukum Yusrizal,.

Dalam tuntutannya, pen­dukung pasangan calon bupati dan wakil bupati Agam, nomor urut satu Irwan Fikri- Chairunas, melalui kordinator lapangan Darman Khalid menga­ta­kan, kedatangan masa bukan ber­maksud untuk membuat gaduh. Aksi ini murni untuk meminta penjelasan KPU terkait sejumlah dugaan pelanggaran serta kecu­rangan pada pelaksanaan pilkada Desember lalu.  

Adapun yang dipertanyakan pihaknya antara lain adalah, banyak C6 yang tidak sampai kepada pemilih. Selanjutnya ketidakjelasan absensi pada setiap TPS, pembiaran pas­lon yang melakukan pelanggaran, kemudian ditemukannya kotak di KPU yang tidak memiliki gembok, kemudian banyaknya C1 copian yang beredar.

Selain itu, KPU dinilai tidak berhasil membekali KPPS de­ngan aturan, tingkat partisipasi pemilih rendah, adanya pengura­ngan TPS, karena tidak sesuai dengan jumlah pemilih legislatif, dugaan keterlibatan ASN dalam pemenangan salah satu pasangan calon. “ Kami datang meminta KPU bisa berlaku adil dan men­jelaskan dugaan pelanggaran tersebut,” jelasnya.

Sementara itu Ketua KPU Agam Al Hadi mengatakan, penyelenggaraan pemilihan di Kabupaten Agam sudah dilak­sanakan dengan sebaik mungkin transparan diawasi Panitia Penga­was pemilihan dan pengamanan pihak kepolisian. “ KPU sejuah ini sudah bekerja dengan mak­simal, mencegah peluang ter­jadinya pelanggaran,” katanya.

Sekait tuntutan itu, pihaknya mengaku hal tersebut merupakan hak pendukung pasangan calon bupati dan wakil Bupati Agam, nomor urut satu Irwan Fikri- Chairunas untuk memper­tanya­kan. Menurutya, untuk permasa­lahan teknis KPU akan menje­laskan, sementara untuk pelang­garan dipersilahkan sesuai de­ngan ketentuan hukum.

Terkait dengan adanya sejum­lah C6, pihaknya mengaku sudah mendistribusikan melalui KPPS. Apabila pemilik C6 tersebut sudah tidak ada, meninggal, dan sebagainya KPU akan menarik C6 tersebut agar tidak disalah­gunakan. ”Pendistribusian C6 sudah sesuai ketentuan. Perwa­kilan dari masa pasangan urut nomor satu besok bisa cocokkan datanya kembali, apakah sesuai penggunaan hak pilih dengan jumlah C6 yang beredar,” jelasnya.

Sementara persoalan yang menyangkut kelalain PPK seperti tidak diangkutnya kotak rekap suara dalam keadaan tidak ber­gembok pihaknya akan melaku­kan proses sesuai dengan aturan. Sementara untuk berkurangnya jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sudah sesuai dengan aturan, dimana merujuk jumlah TPS saat pelaksaan pemilihan sebelumnya.

“ Aspirasi masyarakat ini merupakan koreski bagi KPU pada masa-masa selanjutnya. Persoalan yang menyangkut teknis sudah dilakukan sesuai dengan prosedur, sementara apabila menemui dugaan pelang­garan silahkan laporkan melalui Panwas, sementara ada dugaan pelanggaran menyangkut pidana, lporkan kepada pihak kepoli­sian,” jelasnya.  (h/yat)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]