Manfaat Susu Formula Bagi Anak


Kamis, 17 Desember 2015 - 03:08:27 WIB
Manfaat Susu Formula Bagi Anak

Dokter Spesialis Anak Sub-Spesialis Alergi Imu­nologi Rumah Sakit Cipto Ma­ngunkusumo (RSCM), DR dr Zakiudin Munasir, SpA(K) baru-baru ini men­jelaskan, bagi ibu yang tidak dapat memberikan ASI, pencegahan primer paling sederhana dengan mem­berikan formula khusus.

“Namun, pada beberapa kasus di mana si ibu tidak dapat memberikan ASI, maka dapat diberikan for­mula khusus,” papar Za­kiudin di Kawasan Kuni­ngan, Jakarta.

Baca Juga : Boleh Dicoba, Begini Cara Agar Video TikTok Masuk FYP dan Menjadi Trending

Zaki mere­komen­dasi­kan, penggunaan formula hidrolisat ekstensif kasein untuk mengurangi risiko alergi pada bayi yang me­mang tidak bisa men­dapat­kan ASI eksklusif. Namun, lanjutnya, alangkah baiknya mencari tahu dulu pencetus dan pemicu alergi si kecil.

“Cari tahu dulu pen­cetus dan pemicu alergi si bayi. Bisa jadi bukan ASI, me­lainkan zat makanan yang dikonsumsi si ibu. Con­tohnya alergi telur. Si anak kan belum makan telur, tapi karena si ibunya makan dan zat dari telur bisa masuk melalui ASI, di situlah si kecil menun­jukkan reaksi alergi yang seakan-akan dia alergi ASI,” pungkasnya.  (h/snd)

Baca Juga : Camilan Hari Ini: Resep Muffin Keju yang Empuk dan Gurih

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]