Petai Banjiri Pasar Raya Padang


Kamis, 17 Desember 2015 - 03:25:44 WIB
Petai Banjiri Pasar Raya Padang

Harga petai di Pasar Raya Padang ketika di­pan­tau Haluan Rabu (16/12/2015) perikat (10 papan) seharga Rp15.000, harga dengan kisaran Rp15.000 ini sudah berlangsung se­lama 2 minggu terakhir. Hal ini dikatakan Imel (34) salah seorang pedagang pe­tai yang ada di Pasar Raya, Imel mengatakan, “Harga petai seperti ini sudah ber­langsung selama 2 minggu belakangan, dimana harga petai sebelumnya berkisar pada harga Rp25.000 sa­mapai Rp28.000 per ikat” katanya.

Imel mengaku men­da­pat pasokan petai dari Pro­vinsi Lampung, dimana sebelumnya Imel hanya mendapat pasokan Petai dari wilayah sekitar Su­matera Barat saja.

“Untuk saat ini pasokan datang dari Provinsi Lam­pung, dimana pasokan da­tang dengan jumlah besar, sehingga harga petai se­karang sangat jauh turunnya dibanding dua minggu be­lakangan” ujarnya

Sejalan dengan harga yang terhitung murah, daya beli masyarakat juga me­ningkat. Pedagang lain Emi (48) mengungkapakan, “ untuk saat sekarang ini ba­nyak yang membeli, dalam sehari petai yang terjual bisa lebih dari 40 ikat,” ung­kapnya.

Salah satu pembeli yang ada di Pasar Raya, Tini (42) mengatakan, “kita selaku pembeli menyambut baik harga petai yang tergolong murah pada saat sekrang ini, tetapi meskipun murah, petai ini sedikit berbeda rasanya dibandingkan petai yang berasal dari daerah kita (Sumbar-red), rasa petai ini sedikit hambar diban­ding­kan dengan petai yang asli dari daerah kita,” katanya.

Emi yang merupakan salahsatu pedagang petai yang ada di Pasar Raya mengakui, dengan ba­nyak­nya petai dari Lampung yang membanjiri Pasar Ra­ya, membuat pedagang ha­rus berpandai-pandai dalam meneyetok petai, karena kalau seandainya terlalu banyak menyetok petai, maka ditakutkan akan men­jadi busuk, sehingga nan­tinya tidak bisa lagi untuk dijual dan akhirnya peda­gang akan merugi.(h/mg-bay)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]