Kemenkes Turunkan Tim Survei Akreditasi


Kamis, 17 Desember 2015 - 03:29:13 WIB
Kemenkes Turunkan Tim Survei Akreditasi

Sebelum turun ke pus­kesmas, rombongan tim survei Kemenkes itu, diteri­ma Sekdako H. Benni War­lis, dalam acara di sebuah hotel melati di Jalan Su­dirman Payakumbuh, Selasa (14/12) malam. “Secara de­tail, sekdako menyampaikan komitmen pemko dalam meningkatkan mutu pelaya­nan disemua puskesmas Payakumbuh. Ditandai de­ngan pengelolaan puskes­mas yang sudah berbentuk badan layanan umum dae­rah (BLUD). Sistem BLUD itu, baru satu-satunya di Sumatera Barat,” sebutnya.

Kepala Dinas Kesehatan Payakumbuh, Elzada­swar­man, yang dihubungi di Ba­laikota Rabu (16/12), menu­turkan, secara berta­hap pi­hak­nya akan mengu­sul­kan akreditasi semua puskesmas yang ada di kota ini. “Ada delapan puskesmas yang terdapat di lima keca­matan. Tapi, tahap awal baru Pus­kes­mas Padang Karambia yang diusulkan untuk men­dapatkan akre­ditasi dari Kemenkes,” ulasnya. 

Baca Juga : Jadi Biang Kerok Banjir, DPRD Sumbar Dorong Percepatan Normalisasi Batang Lembang

Dinas Kesehatan Paya­kumbuh, mengharapkan dalam tiga atau empat tahun ke depan, kedelapan pus­kesmas itu sudah ter­akre­ditasi. Sehingga, tingkat pelayananpun akan lebih baik lagi, diikuti dengan peningkatan tenaga medis, non medis serta peralatan kesehatan lainnya.

Selain delapan puskes­mas itu, Payakumbuh juga memiliki 23 puskesmas pem­bantu (pustu). Kebera­daan pustu amat dirasakan warga kelurahan, karena sudah memberikan pelaya­nan dasar kesehatan yang baik. Keberadaan pustu dan puskesmas induk, juga pro aktif memberikan penyu­luhan kesehatan dan mem­bina puskeskel dan posyan­du diseluruh kelurahan.

Baca Juga : Kodim 0305 Pasaman Temukan Kesadaran Warga Patuhi Prokes Masih Rendah

Tim akreditasi yang di­kirim Menteri Kesehatan Nila Moeloek ke Payakum­buh, berjumlah tiga orang, dipimpin dr. Bambang He­ru, M. Kes. Motto Dinkes Paya­kumbuh  Sikat Habis (Selalu Ingin Kesehatan Anda Ter­pelihara, Harus Bisa), di­apresiasi Bambang Heru. “Evaluasi akan kami laku­kan, sehingga membe­rikan nilai objektif, dalam akre­ditasi ini,” tuturnya. (h/zkf)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]