Dapat Bantuan dari BNPB

BPBD Sijunjung Siap Hadapi Bencana Alam


Kamis, 17 Desember 2015 - 03:34:22 WIB
BPBD Sijunjung Siap Hadapi Bencana Alam PJ BUPATI Sijunjung, Mudrika didampingi Kepala BPBD Sijunjung Hardiwan mengecek Perahu Boat Jenis Dolphin Bantuan dari BNPB Pusat, Rabu (16.12). (OGI SUNANDAR)

Kesiapan itu dinyatakan setelah mendapatkan bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat berupa perahu jenis Dolphin untuk mendukung peningkatan sarana dan prasarana penanganan bencana.

“BPBD Sijunjung tambah siap untuk menghadapi bencana alam seperti banjir setelah kembali menda­patkan bantuan kedua yakni satu unit perahu boat jenis dolphin dari BNPB Pusat, setelah sebelumnya menda­patkan bantuan berupa satu unit mobil tanki dengan kapasitas 5.000 liter serta tenda dan perlengkapan antisipasi bencana alam dari BNPB” kata Kepala BPBD Sijunjung Hardiwan, di ruang kerjanya, Rabu (16/12).

Baca Juga : Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Mencapai 24.080 Kasus

Bantuan perahu Dolphin yang berkapasitas 12 orang dan memiliki mesin 60 pk tersebut, kata Hardiwan, banyak sekali kegunaannya, misalnya untuk evakuasi, mengantarkan logistik bagi daerah yang terisolir yang terkena bencana banjir.

Sementara itu, Pj Bupati Sijunjung, Mudrika yang melihat kondisi perahu tersebut mengatakan, bantuan perahu tersebut diberikan kepada BPBD Sijunjung karena daerah Sijunjung termasuk salah satu kawasan yang rawan terhadap bencana alam.

Baca Juga : Kasus Positif Covid-19 di Sumbar Bertambah 112 Orang

“Kedepan, kami akan meningkatkan lagi bantuan agar daerah benar-benar siap menghadapi dampak bencana alam,” katanya.

Menurutnya, ada beberapa daerah di Sijunjung yang berada di kawasan perbukitan serta pinggiran sungai. Daerah tersebut sangat rawan terhadap bencana alam, hususnya longsor dan banjir.

Baca Juga : Pengurus HIPMI 3 Daerah Dilantik Serentak di Payakumbuh

Ia menghimbau warga tinggi di daerah yang berpotensi terkena banjir dan longsor agar selalu waspada dan tidak meninggalkan rumah, sebab intensitas curah hujan mulai meningkat dalam beberapa hari terakhir sehingga meningkatkan debit air di Sungai Batang Kuantan. Saking tingginya debit air sungai itu, beberapa waktu lalu sempat menggenangi jalan penghubung antara Silokek dan Muaro sehingga akses warga terhambat. (h/ogi)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]