Tempat Hiburan Malam di Sawahlunto Dirazia


Kamis, 17 Desember 2015 - 03:35:05 WIB
Tempat Hiburan Malam di Sawahlunto Dirazia Petugas gabungan BNNP Sumbar dan BNNK Sawahlunto di salah satu tempat hiburan malam di jalan lintas Sumatra Muarokalaban, Rabu (16/12) dini hari. (RIKI YUHERMAN)

Alidison mengatakan, kegiatan itu merupakan upa­ya pihaknya untuk mem­persempit ruang gerak pere­daran narkoba dengan sa­saran tempat hiburan malam dan tempat kos.

“Berdasarkan hasil razia dua kali yang telah dilak­sanakan sebelumnya, kami menjaring tujuh orang yang positif menggunakan nar­koba setelah dilakukan tes urine,” ujarnya.

Dari pantauan BNNP dan BNNK Sawahlunto,  kata Alidison, diperkirakan masih ada sejumlah peng­guna lain yang belum ter­jaring petugas. Pihaknya akan terus melakukan tin­dakan penyelamatan ter­hadap pengguna tersebut agar tidak terjadi korban akibat narkoba.

“Hasil pemantauan se­mentara para pengguna yang terjaring itu, seluruhnya tidak tertangkap tangan sedang menggunakan nar­koba di sejumlah tempat hi­buran yang menjadi sasaran kami. Dugaan sementara, mereka menggunakan nar­koba di tempat lain dan menjadikan tempat hiburan malam itu sebagai tempat menghibur diri,” ung­kapnya.

Sementara itu, Ketua BNNK Sawahlunto, Gu­spriadi menyebutkan, ken­dati BNNK Sawahluntu ba­ru dilantik pada 4 Sep­tember 2015 lalu, namum pihaknya tidak akan mem­berikan celah terhadap ke­mungkinan pere­daran nar­koba di Sa­wah­lunto. Hal itu di­maksudkan guna men­cegah kerusakan mental dan kesehatan ma­syarakat, yang dapat berujung pada ke­matian dan pelang­garan hukum.

“Razia ini adalah bentuk pembinaan. Jika telah dila­ku­kan tes urine kepada ter­duga pengguna dan terbukti positif menggunakan nar­koba, maka akan kita serah­kan pada pihak medis untuk direhabilitasi,” ucapnya.

Pihaknya mengimbau kepada semua pihak yang mengetahui informasi ten­tang dugaan penggunaan maupun peredaran gelap nar­koba, untuk me­ngin­formasikan hal itu kepada BNNK Sawahlunto atau pihak terkait lainnya.

Pantauan Haluan pada razia hari itu, tidak di­te­mukan satu pun pengguna narkoba setelah dilakukan tes urine kepada seluruh pengunjung tempat hiburan tersebut. Diduga informasi razia bocor karena dari sasaran operasi tersebut adalah tempat hi­buran yang biasa ramai men­jadi sepi saat razia, bahk­an ada tem­pat hiburan yang tutup lebih awal. (h/mg-rki)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]