Menuju Wilayah Bebas Korupsi

KUA dan Penghulu Deklarasikan Zona Integritas


Kamis, 17 Desember 2015 - 03:44:30 WIB
KUA dan Penghulu Deklarasikan Zona Integritas KABID Urais dan Binsyar Kanwil Kemenag Menyematkan PIN anti Korupsi kepada Salahseorang Kepala KUA di Asrama Haji Padang, Selasa (15/12). (HUMAS)

Kepala Bidang Urais dan Binsyar H. Damri Tan­jung menjelaskan, deklarasi itu adalah salah satu rang­kaian upaya Kemenag untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Biro­krasi Bersih Melayani.

“KUA merupakan garda terdepan dalam mem­beri­kan pelayanan publik kepa­da masyarakat. Belakangan ini, KUA dilekatkan stigma negatif terhadap kualitas pelayanan. Semoga De­kla­rasi ini menjadi momentum untuk memperbaiki kualitas pelayanan KUA,” ujarnya.

Sementara itu, Kakan­wil Kemenag Sumbar, Sal­man K. Memed menya­ta­kan, penerapan zona inte­gritas ini sesuatu yang tidak bisa ditawar-tawar oleh seluruh lembaga penye­leng­gara negara, termasuk Ke­menterian Agama.

Untuk Kementerian Aga­­­ma, khususnya KUA, ka­­ta Salman, pencanangan zo­­na integritas dilaksanakan pa­­da 16 Juni 2015 lalu di Ja­karta, oleh Menteri Aga­ma, Lukman Hakim Saifud­din.

Salman menuturkan, ada 7 poin penting yang dideklarasikan. Pertama, berperan aktif dalam upaya pencegahan dan pem­beran­tasan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme serta tidak meli­batkan diri dalam perbuatan tercela. Kedua, tidak me­min­ta atau menerima pem­berian secara langsung atau tidak langsung yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Ketiga, ber­sikap transparan, ramah, jujur, obyektif, dan akun­tabel dalam melaksanakan tugas dan pelayanan kepada masyarakat.

Selanjutnya poin ke­em­pat, menghindari perten­tangan kepentingan dalam pelaksanaan tugas. Kelima, memberi contoh dan tela­dan kepada bawahan dan sejawat. Keenam, menyam­paikan informasi penyim­pangan integritas di Kemen­terian Agama serta turut menjaga kerahasiaan saksi atas pelanggaran peraturan yang dilaporkannya. Ter­akhir, bila hal–hal tersebut di atas dilanggar, akan ada konsekuensinya. (h/vie/rel)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]