Duta Pajak Diminta Aktif Sosialisasikan Pajak Daerah


Kamis, 17 Desember 2015 - 03:46:19 WIB
Duta Pajak Diminta Aktif Sosialisasikan Pajak Daerah

Bagi duta pajak terpilih diharapkan mampu ber­peran aktif dalam me­nyo­sialisasikan pajak daerah di kalangan masyarakat dan seluruh wajib pajak yang ada di Kota Padang. Sehingga, upaya mencapai target Pen­dapatan Asli Daerah (PAD) Kota Padang Rp 1 triliun, dapat tercapai di akhir masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Padang 2019 nan­ti.

Demikian disampaikan Walikota Padang Mahyeldi Dt Marajo dalam sambu­tannya pada acara pemilihan Duta Pajak Kota Padang 2015, di Hotel Pangeran Beach, Selasa (15/12) ma­lam.

“Saya sangat mengap­resiasi ide yang diprakarsai Dispenda Kota Padang da­lam pemilihan duta pajak 2015 ini. Sebab, peserta nominasinya melibatkan para wajib pajak itu sendiri. Sehingga kita optimis, de­ngan menjadikan wajib pa­jak sebagai duta pajak, rea­lisasi penerimaan pajak daerah akan mencapai tar­get,” sebut walikota.

Wako juga menyam­pai­kan, pajak daerah di samping kewajiban bagi wajib pajak, juga merupakan sumber pendapatan daerah yang berkontribusi sebesar 60 persen bagi PAD Kota Pa­dang.

“Dengan adanya ke­pa­tuhan para wajib pajak da­lam menyetorkan pajak ke kas daerah, secara langsung telah membantu kelancaran pembangunan di Kota Pa­dang. Untuk itu, saya me­ngucapkan selamat kepada duta pajak yang terpilih berdasarkan kategorinya masing-masing. Semoga bisa menjadi mesin peng­gerak dalam merealisasikan target pajak daerah,” im­buhnya.

Sementara itu, Kepala Dispenda Kota Padang, Adib Alfikri menyebutkan, pemilihan duta pajak ini merupakan agenda rutin yang diadakan tiap tahun. Namun, pada 2015 ini ber­beda dari tahun-tahun se­belumnya. Di mana Dis­penda Padang menetapkan, peserta yang dinominasikan berasal dari para wajib pajak atau pelaku usaha.

“Ini bentuk apresiasi kita kepada pelaku usaha atau wajib pajak atas peran sertanya dalam mem­bayar­kan pajak yang berkon­tri­busi untuk pembangunan Kota Padang selama ini. Sehingga, ini juga mem­bantu pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui pem­bangunan infrastruktur yang bersumber dari pajak dae­rah,” terang Adib.

Adib meneruskan, para duta pajak yang terpilih adalah berasal dari para pelaku usaha sendiri mel­a­lui seleksi dengan kriteria yang ditetapkan. Seperti taat dalam memberikan laporan pajak, membayar pajak tiap bulannya, memiliki catatan selaku wajib pajak yang baik dengan tidak pernah men­dapat teguran dan sanksi, dan memiliki komitmen untuk menyukseskan so­sialisasi pajak daerah.

Kemudian terkait duta pajak Kota Padang 2015 yang terpilih, Kepala Seksi (Kasi) Bina Wajib Pajak dan Wajib Retribusi Dispenda Padang, Ade Hendrama me­nyebutkan, dari 11 jenis pajak yang dikelola Pemko Padang, ada 4 jenis pajak yang diambil para wajib pajaknya untuk dianu­ge­rahkan sebagai duta pajak. Di antaranya wajib pajak hotel, wajib pajak restoran, wajib pajak reklame dan wajib pajak hiburan.

“Dari masing-masing jenis pajak tersebut, terdapat 5 nominasi wajib pajak. Untuk kategori wajib pajak hiburan dimenangkan Tee-box, wajib pajak restoran diraih Lamun Ombak, wajib pajak hotel, Pangeran Beach dan reklame Kade Adver­tising,” sebut Ade.

Selain Walikota Padang kegiatan tersebut juga diha­diri Wakil Ketua DPRD Padang, Muhidi serta be­berapa pimpinan SKPD dan unsur pimpinan dari wajib pajak yang ada di Kota Padang. Di sela acara juga ada pemberian doorprize yang diakhiri dengan dek­larasi dan penyematan pin bagi duta pajak. (h/ows)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]