Pengerjaan Bantalan Rel Kereta Api Duku-BIM Ganggu Lalu Lintas


Kamis, 17 Desember 2015 - 03:54:04 WIB
Pengerjaan Bantalan Rel Kereta Api Duku-BIM Ganggu Lalu Lintas

“Kita meminta masyarakat agar bersabar dengan kondisi ini, karena ini untuk mem­per­cepat beroperasinya kereta bandara sesuai dengan instruksi presiden. Kalau macet-macet sedikit jangan dibesar-besarkan. Kalau tidak dikerjakan kan kita juga yang rugi karena ini dana­nya miliaran rupiah,” terang Kepala Dishubkominfo Sum­bar Amran kepada Haluan Rabu (16/12) siang di Padang.

Untuk menghindari ter­sen­dat­­nya mobilitas Padang – Bu­kit­tingi karena perlintasan kereta tersebut, direncanakan akan dibangun jalan layang (fly over) di area tersebut. “Pem­bangun­an fly over ini kita ren­canakan tahun 2017 itu sudah dimulai. Saat ini kita tengah melakukan pembebasan lahan di sekitar kawasan ter­se­but,” ujarnya.

Untuk dana pembangunan jalan layang ini Dishubkominfo baru akan mengajukan ang­garan ke pemerintah pusat tahun 2016 mendatang. “Saat ini kita meminta warga agar besabar dengan kondisi ini,” terangnya.

Sebelumnya, Menteri Per­hu­bungan Ignasius Jonan me­nga­takan, jalur kereta api Pa­dang yang terkoneksi de­ng­an BIM merupakan jalur yang kedua ada di Indonesia setelah di Bandara Kualanamu Medan.

Pembangunan jalur Stasiun Simpang Haru, Kota Padang menuju BIM sebagian besar memanfaatkan jalur lama, di­tam­bah jalur baru dari Duku, Kabupaten Padang Pariaman menuju BIMsepanjang 3,9 ki­lo­­meter, sekaligus pem­bangu­nan satu stasiun di BIM.

Kemenhub menargetkan pembangunan jalur dan stasiun baru dimaksud dapat tuntas akhir tahun 2016, sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai transportasi alternatif menuju bandara selain ang­kutan darat lainnya.

Proyek jalur kereta api Kota Padang menuju BIM didanai APBN dengan besaran men­capai Rp127 milliar. Sementara anggaran pembebasan lahan merupakan tanggungan Pe­me­rintah Daerah. (h/mg-isr)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]