Lagi, Ratusan Massa Datangi KPU Agam


Kamis, 17 Desember 2015 - 04:08:35 WIB
Lagi, Ratusan Massa Datangi KPU Agam RATU¬SAN massa pendukung pasa¬ngan Calon Bupati dan Wa¬kil Bupati Agam, nomor urut satu Irwan Fikri- Chai¬runas kembali mendatangi Kantor KPU Kabu¬paten Agam, Rabu (16/12).(DAYAT)

Ratusan massa tersebut datang tidak jauh beda de­ngan kedatangan pertama kali, dengan mambawa se­jum­lah spanduk, mobil, sekitar Pukul 13.30  WIB. Pihak keamanan memper­silahkan sekitar 10 perwa­kilan massa untuk mediasi dengan pihak KPU Agam.

Hingga pukul 18.00 WIB belum ada titik temu antara data yang diberikan KPU dengan apa yang d­iminta oleh massa pen­du­kung pasangan calon bupati dan wakil bupati Agam, nomor urut satu Irwan Fi­kri- Chairunas. Mediasi berlangsung alot, sementara massa yang di luar ber­angsur-angsur pulang.

Baca Juga : Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Mencapai 24.080 Kasus

Koordinator lapangan ak­si massa pendukung pasangan calon bupati dan wakil bupati Agam, nomor urut satu Irwan Fikri- Chairunas, Darman Kha­lid, mengatakan, kedata­ngan Ratusan masa pendukung pasa­ngan calon bupati dan wakil bupati Agam, nomor urut satu Irwan Fikri- Chairunas ke kantor KPU Agam, untuk menagih janji KPU Agam untuk menunjukan sejumlah bukti data yang mereka minta.

“ Massa yang datang berasal dari wilayah Agam Timur dan Agam Barat. Sebelum mela­kukan aksi kita sudah menekan­kan kepada massa untuk melaku­kan aksi dengan tertib, sembari me­nunggu hasil perwakilan yang berdialog dengan KPU,” jelasnya.

Baca Juga : Kasus Positif Covid-19 di Sumbar Bertambah 112 Orang

Dikatakannya, kalau tuntutan ini belum ada titik terangnya, kami akan terus melakukan aksi dengan massa yang lebih banyak lagi, jika tuntutan mereka tidak diindahkan. Usai berorasi tak puas jawaban dari KPU, perwa­kilan mereka mendatangi Kantor Panwas di jalan veteran dengan tujuan menanyakan bagaimana tindak lanjut dugaan pelanggaran yang dilakukan KPU dan tim Paslon.  

Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Agam Al Hadi, me­ngatakan, pihak sudah menun­jukan data C6 dan di photo oleh perwakilan masa pendukung pasangan calon bupati dan wakil bupati Agam, nomor urut satu Irwan Fikri- Chairunas. Apabila KPU dinilai melakukan pelang­garan masa dipersilahkan mela­porkan kepada Panwas, dan Kepolisian.

Baca Juga : Pengurus HIPMI 3 Daerah Dilantik Serentak di Payakumbuh

“ Pelaksanaan pemilihan kepala daerah sudah dilaksana­kan oleh KPU Agam sebaik mungkin. Jika massa pendukung Irwan Fikri- Chairunas tetap tidak puas, kami persilahkan mereka melaporkan itu kepada panwas dan kepolisian. KPU sejuah ini sudah bekerja dengan maksimal, mencegah peluang terjadinya pelanggaran,” katanya.

Pengamat dari LSM Koma, Ms. Marajo, mengaku aksi yang dilakukan oleh massa pendukung Irwan Fikri merupakan reaksi yang sangat wajar atas ketidak­puasan mereka dengan hasil yang diperoleh pasangan yang mereka dukung. Tetapi jangan sampai langkah tersebut menjadi offside dan malah merugikan Irwan Fikri sendiri.

Baca Juga : Amazing! Inilah 'The Power of Emak-emak' dari Pariaman yang Bikin Takjub

“Keberhasilan Irwan Fikri meraih suara besar di Kabupaten Agam wilayah Barat merupakan prestasi yang luar biasa. Tetapi respon yang berlebihan dari pada relawan maupun simpatisan bisa saja berbalik membuat hilangnya simpati masyarakat, sehingga membuat popularitas Irwan Fikri menjadi menurun,” katanya.

Idealnya respon paska pil­kada dikeluarkan dengan sewa­jarnya, simpati masyarakat dipas­tikan akan terjaga apabila pasa­ngan yang diusung bisa meredam aksi tersebut. Apalagi semua pihak sebelumnya sudah menya­takan siap menang maupun kalah yang dituangkan di bawah tajuk Pilkada badunsanak,” jelasnya. (h/yat)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]