Waspadai Banjir

BPBD Kota Solok Siagakan Relawan


Jumat, 18 Desember 2015 - 02:50:35 WIB
BPBD Kota Solok Siagakan Relawan

Kepala BPBD Kota So­lok Ori Affilo di Solok, Kamis (17/12) mengatakan, saat ini sedang terjadi pe­ra­lihan musim dari musim kemarau ke musim hujan. Peralihan musim ini sering kali berdampak kepada alam dan lingkungan, te­ru­tama yang berkaitan dengan bencana. Mengingat se­ma­kin tingginya curah hujan pada bulan Desember ini, diperlukan  ketersediaan dan kesiapan petugas, te­ru­tama relawan.

“Kita baru saja melewati musim kemarau yang pan­jang. Selama kemarau teks­tur tanah menjadi rapuh dan tanah rapuh itu bila disirami hujan dengan intensitas ting­gi sangat berpotensi menga­ki­batkan tanah longsor,” kata Ori Affilo.

Baca Juga : Percantik Ibu Kota, DLH Agam Sediakan Ribuan Bibit Tanaman Hias dan Pohon Pelindung

Lebih jauh Ori Affilo mengatakan, sejak me­ma­suki Bulan November inten­sitas hujan di Kota Solok mulai tinggi, dan di­per­kirakan pada bulan De­sem­ber ini akan terjadi puncak hujan yang tinggi.

Tingginya intensitas hu­jan itu berpotensi men­ye­bab­kan air Batang Lembang meluap dan mengakibatkan banjir di sepanjang aliran sungai itu.

Baca Juga : Pasokan Berlimpah, Harga Cabai Merah Keriting Turun

“Untuk itu disamping menyiapkan relawan, kita juga mengimbau penduduk yang bermukim di se­pan­jang aliran sungai Batang Lembang untuk selalu was­pada,” ucap Ori.

Dikatakan Ori Affilo, relawan yang telah dilatih beberapa waktu lalu itu sudah  diturunkan untuk untuk melakukan pemetaan dan melaporkan daerah yang berpotensi terjadi ben­cana terutama longsor dan banjir.

Baca Juga : Zigo Rolanda: Izin RS Pratama Solsel Belum Keluar, Tenaga Medis Harus Dikembalikan ke Tempat Asal

Mereka juga sudah di­instruk­sikan  agar segera mengambil tindakan jika terjadi bencana, seperti me­nge­vakuasi dan pertolongan darurat. Agar jumlah kor­ban dan kerugian dapat di­minimalisir.

Untuk wilayah Kota So­l­ok, kata Ori Affilo, daerah berpotensi banjir adalah  Kelurahan KTK, Ke­lu­ra­han Sembilan Korong, Ke­lurahan Aro Empat Ko­rong  di Kecamatan Lubuk Sikarah, Kelurahan Koto Panjang di Kecamatan Tan­ju­a­ng Harapan. Semua da­erah ini selalu menjadi lang­ganan banjir ketika Batang Lembang meluap.

Baca Juga : Zigo Rolanda Sebut RS Pratama Solsel Belum Layak Beroperasi

Sementara, Ketua DP­RD Kota Solok Yutris Can, mengingatkan, Pemko So­lok terutama pihak ke­ca­matan, untuk terus mela­kukan pemantauan dan ma­p­ping daerah rawan. Agar saat terjadi bencana banjir atau longsor, maka langkah dan upaya penanganan ce­pat dilakukan.

 ”Jangan sampai setelah terjadi bencana baru kita krasak krusuk. Oleh karena itu bersiagalah sebelum ben­­cana itu datang, agar risiko korban bisa diminimalisir,” kata Yutriscan. (h/eri)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]