KPU Jadwalkan Penetapan Walikota Terpilih 22 Desember


Jumat, 18 Desember 2015 - 02:51:40 WIB
KPU Jadwalkan Penetapan Walikota Terpilih 22 Desember KPUD Kota Solok menggelar rekapitulasi suara tingkat Kota Solok di gedung Kubuang 13, Rabu (16/12). (ERI)

Zoro memperoleh 14.887 suara disusul pa­sang­an Ismael Koto-Jon Hendra (Iko Jh) 10.057 suara dan pasangan Irzal Ilyas-Alfauzi Bote (Sahabat Imam) 6.843 suara.

Insya Allah sesuai deng­an tahapan kita akan tetap­kan pasangan Zul Elfian-Reinier sebagai pemenang pada tanggal 22 Desember 2015 di gedung Kubuang 13. Tentu saja dengan catatan tidak ada gugatan yang di­aju­kan oleh pasangan calon lainnya kepada Mahkamah Konstitusi,” ujar Budi San­tosa, Rabu (16/12).

Baca Juga : Pasokan Berlimpah, Harga Cabai Merah Keriting Turun

Untuk memastikan ada tidak adanya gugatan ter­sebut, pihak KPU mem­berikan ruang dan waktu kepada pasangan calon wali­kota dan wakil walikota lainnya untuk mengajukan gugatan hasil pemilihan kepada Mahkamah Kons­titusi dalam tempo 3 kali 24 jam. Mulai dari 18-21 De­sember 2015.

Gugatan ini dibolehkan dengan dasar  ketentuan UU Nomor 8 tahun 2015, Peraturan KPU Nomor 11 tahun 2015, Keputusan KPU Kota Solok Nomor 5 dan Nomor 33 tahun 2015, Peraturan Mahkamah Kon­stitusi RI Nomor 1, 2, dan 3 tahun 2015 serta Nomor 7 tahun 2015.      

Baca Juga : Zigo Rolanda: Izin RS Pratama Solsel Belum Keluar, Tenaga Medis Harus Dikembalikan ke Tempat Asal

Budi Santosa mem­pre­diksi, pemenang Pilkada Kota Solok tak akan be­ru­bah. Karena sebelum di­tetap­kan, Ketua KPU Kota Solok meminta kepada ma­sing-masing saksi yang hadir untuk memberikan tang­gapan terhadap rekapitulasi hasil. Saksi yang hadir men­ya­takan dapat menerima hasil rekapitulasi yang di­lak­sakan oleh KPU Kota Solok dan tidak ada yang keberatan.

Panwaslu Kota Solok juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan tang­gapan terhadap proses pe­lak­sanakan rekapitulasi hasil.

Baca Juga : Zigo Rolanda Sebut RS Pratama Solsel Belum Layak Beroperasi

Pada kesempatan itu, Budi Santosa juga mengu­capkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pe­me­rint­ah Kota Solok, Muspida Kota Solok, Kepala SKPD se-Kota Solok, Pimpinan Ormas di Kota Solok, Ketua KAN, LKAAM, Bundo Ka­n­duang, PPK, PPS, KPPS, Panwaslu Kota Solok be­serta jajaran, serta pihak terkait lainnya yang telah membantu mendukung suk­ses­nya penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat serta Pemilihan Wali­kota dan Wakil Walikota Solok tahun 2015.

“Istimewa kami ucap­kan terimakasih kepada pasangan calon dan seluruh tim kam­panye serta tim pendukung yang telah me­wujud­kan pe­milihan badun­sanak, aman, damai dan berkualitas,” kata Budi Santosa.

Baca Juga : Komisi I DPRD Solsel Terima Aspirasi Masyarakat saat Kunker di Kecamatan KPGD

Ditambahkannya, pe­lak­sanaan Pilkada di Ko­ta Solok boleh dikatakan suk­ses. Buktinya partisipasi pemilih di Kota Solok men­capai hampir 72 persen. Kemudian semua pasangan calon juga konsekuen de­ngan komitmennya, yaitu komitmen untuk siap me­nang dan siap kalah.

“Sampai hari ini belum ada riak yang akan menjadi cikal bakal terjadinya per­selisihan. Belum ada pa­sangan calon atau tim sukses yang menggugat hasil Pil­kada secara resmi. Dan  yang paling istimewa hari ini 16 Desember 2015, ada­lah ge­nap 45 tahun usia Kota Solok yang kita cintai. Hari ini sejarah mencatat bahwa ka­do istimewa ulang tahun Kota Solok adalah suksesnya pelaksanaan Pil­kada,” ujar Budi Santosa. (h/eri)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]