Dana Kemitraan Triwulan IV/ 2015

Telkom Sumbar Kucurkan Rp1,958 Miliar


Jumat, 18 Desember 2015 - 02:54:34 WIB
Telkom Sumbar Kucurkan Rp1,958 Miliar GENERAL Manager Telkom Witel Sumbar Muskab Muzakar berfoto bersama usai menye­rahkan dana kemitraan, Kamis (17/12) di Kantor Telkom Padang Baru.

General Manager Tel­kom Witel Sumbar Muskab Muzakar menye­rahkan da­na kemitraan tersebut se­cara simbolis, Kamis (17/12) di Kantor Telkom Padang Baru, bersamaan dengan kegiatan pembekalan yang dihadiri seluruh mitra baru.

Dari Rp1,958 miliar itu, mitra binaan dari Padang yang terbanyak yakni 34 mitra dengan kucuran dana Rp991 juta. Diikuti Dhar­masraya 10 mitra binaan Rp265 Juta, Tanah Datar 12 mitra Rp200 Juta, Pesisir Selatan empat mitra Rp125 Juta, Sawahlunto tujuh mit­ra Rp130 Juta, Agam tiga mitra Rp107 Juta, Pariaman dua mitra Rp60 Juta, dan Payakumbuh satu mitra Rp­35 Juta.

Dengan demikian sejak tahun 2002 hingga sekarang, Telkom Sumbar telah me­nyalurkan dana kemitraan sebesar Rp53,799 miliar kepada 2.374 mitra binaan.

Menurut Muskab yang saat itu juga bersama Azwir, Kepala Bidang Prog­ram Kemitraan dan Bina Ling­kungan (PKBL) Telkom Sumbar, sesuai dengan Per­men BUMN No.08/2013 Tentang Program Ke­mit­raan, maka BUMN yang ada wajib melaku­kannya.

Dana kemitraan ter­se­but disebut juga pinjaman lunak, karena bunga pin­jaman sangat rendah  6 persen dengan jangka pin­jaman selama dua tahun yang meli­puti ber­bagai jenis usaha seperti indutri, perdagangan, peter­nakan, perikanan, jasa dan lainnya.

“Program kemitraan ini adalah dana bergulir. Arti­nya hasil pengembalian da­na ini akan digulirkan lagi bagi UKM lain yang mem­butuhkan. Oleh karenanya para mitraan diharapkan serius mengembangkan usa­hanya dan rutin melakukan pembayaran cicilan,” ujar Muskab.

Dikatakannya, per­so­alan yang paling krusial untuk mengentaskan atau mening­katkan kese­jah­te­raan masya­rakat adalah kurangnya keter­ampilan dan terbatasnya permodalan untuk mengem­bangkan usa­ha.

Telkom sebagai perusa­haan telekomunikasi merah-putih yang menyadari tang­gung jawab sosialnya dan peran Good Corporate Citi­zenship (GCG), melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

“Harapan kita, semakin tinggi kesadaran dari mitra binaan untuk me­ngem­bali­kan pinjaman,maka semakin banyak pula dana yang disa­lurkan kembali. Sehingga akan semakin bertambah pula kesempatan mitra bi­naan baru untuk mem­per­oleh pinjaman ka­rena ini sifatnya bergulir,” ujar Mus­kab lagi.

Ditambahkannya, prog­ram kemitraan dilakukan dengan maksud guna me­ning­katkan kemam­puan usaha kecil agar tangguh dan mandiri. Sedangkan Program Bina Lingkungan ditujukan untuk pem­berda­yaan kondisi sosial ma­syara­kat.

Bentuk program Bina Lingkungan, diantaranya untuk bantuan bencana alam, pendidikan, pelatihan, peningkatan kesehatan ma­syarakat, pengembangan prasarana umum dan sarana ibadah. Sampai saat ini Tel­kom Sumbar sudah menya­lurkan dana bina lingkungan sebesar Rp6,7 miliar.

“Kegiatan PKBL itu me­rupakan upaya konkret Tel­kom Sumbar yang meru­pakan satu-satunya operator telekomunikasi merah  pu­tih, yang ingin maju ber­sama dengan masyarakat beserta lingkungannya di Sumbar,” tutupnya.(h/ita)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 27 Januari 2020 - 18:30:22 WIB

    Daily Check In MyTelkomsel Berikan Kuota Gratis Bagi Pelanggan

    Daily Check In MyTelkomsel Berikan Kuota Gratis Bagi Pelanggan PEKANBARU, HARIANHALUAN.COM -- Awal tahun 2020, Telkomsel kembali bagi-bagi hadiah menarik untuk para pelanggan setia melalui Program Daily Check In MyTelkomsel. .
  • Kamis, 16 Januari 2020 - 21:40:57 WIB

     Pemblokiran Netflix Oleh Grup Telkom, YLKI: Melanggar Hak Konsumen

     Pemblokiran Netflix Oleh Grup Telkom, YLKI: Melanggar Hak Konsumen JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Pemblokiran Netflix oleh grup Telkom, menurut Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), melanggar beberapa hak konsumen. Salah satunya adalah melanggar hak untuk mendapat informasi..
  • Selasa, 03 Desember 2019 - 11:57:49 WIB

    Begini Cara Telkom Menjaga Perkembangan Bisnis

    Begini Cara Telkom Menjaga Perkembangan Bisnis JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) berhasil menjaga performa keuangan dan layanan tetap prima di pasar . Tentunya ini menjadi daya tarik bagi banyak kalangan tentang cara dari perusahaan pela.
  • Senin, 18 November 2019 - 12:39:06 WIB

    Telkomsel Raih Brand of The Year di World Branding Awards 2019

    Telkomsel Raih Brand of The Year di World Branding Awards 2019 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Telkomsel kembali meraih penghargaan tingkat internasional khususnya pada bidang telekomunikasi seluler. World Branding Forum menobatkan Telkomsel sebagai 'Brand of The Year' di ajang World Brandi.
  • Jumat, 01 November 2019 - 11:28:34 WIB

    Sembilan Bulan, Telkom Sudah Untung Rp16,5 Triliun

    Sembilan Bulan, Telkom Sudah Untung Rp16,5 Triliun JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) membukukan pertumbuhan kinerja keuangan yang semakin baik hingga sembilan bulan pertama 2019 atau kuartal III/2019..

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM