HUT Payakumbuh Diwarnai Pesta Rakyat


Jumat, 18 Desember 2015 - 02:55:37 WIB
HUT Payakumbuh Diwarnai Pesta Rakyat Warga kota berdesakan saat menunggu pesananan berbagai makanan dan minuman yang disajikan dalam acara Pesta Rakyat HUT Kota ke-45, di Medan nan Bapaneh, Kamis (17/12). (ZUL)

Makan bersama yang di­kemas dalam bentuk Pesta Rak­yat yang digawangi Ke­tua Dekranasda Ny, dr. Hen­­­ny Riza Falepi, itu di­apre­siasi Gubernur Sumbar di­wakili Staf Ahli Bidang Pe­merintahan Jefrinal Aziz dan sejumlah tamu yang da­tang dari beberapa kota/ka­bupaten di Sumatera Ba­rat.

Pesta itu diawali dengan doa bersama dipimpin Ma­har­nis Zul, anggota DPRD Payakumbuh, dilanjutkan dengan pemotongan tum­peng oleh Walikota Riza Falepi bersama Wawako Suwandel Muchtar, untuk selanjutnya diberikan kepa­da gubernur. Ketua Dekra­nasda yang merupakan isteri walikota, memberi sesuap tumpeng kepada walikota di hadapan ribuan pengunjung pesta rakyat.

Baca Juga : Kematian Karena Covid-19 di Sumbar Bertambah, Total 586 Kasus

Gubernur menilai, pesta itu benar-benar merakyat dan baru Payakumbuh yang mampu memberi makan ribuan rakyatnya dengan gratis. Iven ini perlu diper­tahankan terus dan diting­katkan di masa datang. Di­ha­rapkannya pasangan Wa­li­kota H. Riza Falepi, Wa­wako H. Suwandel Muchtar, bersama anggota DPRD terus bergandengan mem­ba­ngun Payakumbuh. Kota ini berpotensi menjadi kota tujuan dan mampu menjadi kekuatan ekonomi Suma­te­ra Barat dimasa men­da­tang.

Dikatakan, program pem­­­­ba­ngunan yang me­nyen­­­tuh kepentingan rakyat ba­­nyak, katanya, bakal mam­­pu meningkatkan par­ti­si­­pasi masyarakat dalam se­gala aspek pembangunan. Dalam keterbatasan ke­uangan da­erah, dengan tum­buh kem­bangnya peran ser­ta masya­ra­kat, kota itu akan ja­uh le­bih maju loncatannya, di­ban­ding sikap warga yang ant­isipatif. “Masyarakat Pa­ya­kumbuh berpotensi dan pu­nya selera tinggi dalam mem­bangun kotanya,” ulas­nya.

Baca Juga : Turun Drastis, Kasus Positif Covid-19 di Sumbar Bertambah 44 Orang

Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam dan Walikota Riza Falepi, mengaku sa­ngat senang dengan pera­yaan HUT tahun ini. “Kami tak menduga sama sekali, ribuan warga bisa datang menikmati berbagai aneka  makanan dan minuman ke Medan nan Bapaneh ini. “Jika ada di antara warga yang tak kebagian, kami mohon maaf,” ucap kedua pimpinan kota ini.

Selain gubernur, tamu-tamu yang datang ke pesta rakyat itu, di antaranya pimpinan DPRD Kota Pa­ria­man, Kabupaten Padang Pariaman, Sekdakab Dhar­masraya Benni Muchtar, mantan Sekdako Paya­kum­buh Irwandi, yang kini ter­pilih sebagai Wakil Walikota Bukittinggi, sejumlah peja­bat Kabupaten Limapuluh Kota dan mantan Walikota Payakumbuh periode 1983-1988, H. Fahmy Rasyad.

Baca Juga : Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Mencapai 24.233 Kasus

Dua Wakil Ketua DPRD Payakumbuh lainnya, Wil­man Singkuan dan Supar­man, juga ikut menyam­pai­kan apresiasinya dengan ge­lar acara pesta rakyat itu. Ta­hun depan, pesta ini akan di­dorong agar lebih besar dan lebih panjang lagi wak­tu­nya. “Agar semakin ba­nyak ma­syarakat menikmati hi­da­ngan gratis ini,” tutur­nya.

Ketua Dekranasda Paya­kumbuh Ny. Henny Riza Falepi, melaporkan, seluruh masakan dan minuman yang disajikan, murni bantuan seluruh SKPD dan jajaran perbankan serta sejumlah sponsor lainnya di Paya­kumbuh. Semua yang dihi­dangkan, seperti sate, soto, pecel lele, kebab, somay, bakso, nasi goreng, marta­bak mesir, es cendol, es tebak, rumput laut, tapai lemang, ice cream dan gado-ga­do ludes tak tersisa. Kepa­da seluruh sponsor yang menyediakan makanan dan minuman ini, akan dibe­rikan penghargaan kepada seluruh penyumbang itu.

Baca Juga : Alhamdulillah! Bayi Penderita Ekstrofi Bulli Bladder di Solok Dibantu Anggota DPR

Tumpah ruahnya warga ko­ta ke lokasi Pesta Rakyat, mem­buat jalan raya di kawa­san Ngalau Indah itu, macet, da­­ri pukul 11.00 sampai ke pukul 14.00 WIB. Polantas ber­sama petugas Dishub­ko­minfo dan Satpol PP, harus melakukan buka tutup jalan untuk mengatur lalu­lintas di jalan tersebut. (h/zkf)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]