Pencairan Dana Desa Pesisir Selatan Terkendala Administrasi


Jumat, 18 Desember 2015 - 02:59:41 WIB
Pencairan Dana Desa Pesisir Selatan Terkendala Administrasi

Sekkab Pesisir Selatan, Erizon mengatakan, syarat pencairan dana desa tahap III berdasarkan SPP dari penggunaan dana tahap per­tama dan kedua yang dibuat oleh masing-masing nagari.

Kendati demikian, pi­hak­nya akan berupaya men­cairkan dana desa untuk 182 pemerintahan nagari di da­erah itu dalam minggu ini.

Baca Juga : Pemkab Pessel Wajibkan Aktivitas Galian C Kantongi Izin Operasi

“Sebagian sudah kami cairkan. Paling lambat pada Jumat (18/12) dicairkan semuanya,” katanya di Pai­nan, Kamis (17/12).

Ia menyebutkan, Ke­men­terian Keuangan (Ke­menkeu) telah mentransfer sebanyak Rp4,14 triliun dana desa tahap ketiga pada 16 November 2015 ke reke­ning daerah. Besaran itu diberikan pada kabupaten/kota yang telah mencairkan dana desa tahap pertama dan kedua ke rekening pe­me­rintah desa.

Baca Juga : Sejumlah Pejabat di Kabupaten Pesisir Selatan Batal Divaksin

Sekretaris Nagari Painan Timur, Hendra Ardison Chandra mengaku hingga kini belum mengetahui ada­nya rencana pencairan dana desa tahap ketiga dari pe­merintah daerah.

Menurutnya, saat ini permintaan dana pada pe­me­rintah daerah tidak lagi menggunakan SPP, tapi ber­da­sarkan besaran alokasi yang bakal diterima masing-masing nagari. Setelah itu, baru pemerintah nagari me­ngon­firmasi atau mela­por­kan ke pemerintah daerah terkait dana yang di­teri­manya dari rekening daerah.

Baca Juga : Kesembuhan Pasien Covid-19 di Sumbar Bertambah 158 Kasus, Didominasi dari Kota Padang

Sementara itu, menurut, Kamil Indra, Ketua For­wana Pesisir Selatan, lam­bannya pencairan dana desa akan memengaruhi target pembangunan nagari yang telah direncanakan sebe­lumnya. Selain itu, juga berpengaruh pada laporan kegiatan pemerintah nagari. Apalagi tahun anggaran 2015 tinggal menghitung hari.

“Dana desa tahap ketiga mencapai 20 persen atau Rp10 miliar dari Rp50 mi­liar total alokasi tahun 2015 yang dibagikan pada 182 nagari,” sebutnya. (h/ans)

Baca Juga : Kematian Karena Covid-19 di Sumbar Bertambah 7 Orang

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]