KPU Padang Temukan Segel Sampul Terbuka


Jumat, 18 Desember 2015 - 03:14:07 WIB
KPU Padang Temukan Segel Sampul Terbuka Petugas KPU Padang menghitung hasil perolehan surat suara Pilkada di Hotel Bumi Minang, Padang, Kamis (17/12). (RIVO SEPTI ANDRIES)

Koordinator Divisi So­sialisasi KPU Padang Yus­rin Tiananda mengatakan, untuk Kecamatan Lubuk Kilangan (Luki) memang ada kejadian khusus karena segel sampul dari hasil re­kap kecamatan yang ada tidak bersegel.

“Saat kami konfirmasi secara lisan, katanya me­mang kekhilafan dari ang­gota untuk menggunakan segelnya tanpa ada unsur kesengajaan dari pihak PPK termasuk juga KPU untuk berbuat seperti itu. Karena memang kotak dan kunci­nya yang dibawa kesini itu memang bersegel,” jelasnya.

Baca Juga : Ada 52 Kasus Pernikahan di Bawah Umur di Kota Padang Tahun 2020, Penyebab Utama 'Hamil Duluan'

Dikatakan juga, apapun bentuk sampul dan surat yang dibuat sesuai dengan peraturan KPU juga ber­segel. Untuk tindakan lanju­tan dari KPU, ia menga­takan kalau memang ada keberatan nantinya maka pihaknya boleh mengulangi lagi. Dalam artian, pihaknya harus melihat rekap yang dilakukan pada tingkat ke­lurahan.

“Kita boleh buka lagi sampulnya dari kelurahan itu, dan akan kita hitung lagi. Itu konsekuensi dari proses jika ada saksi atau Panwas yang tidak percaya terhadap rekap yang dilakukan oleh kawan-kawan di ke­ca­mat­an,” ulasnya.

Baca Juga : Cuma 2 Menit, Cetak Dokumen Kependudukan di Disdukcapil Kota Padang dengan Anjungan Dukcapil Mandiri

Ia juga mengatakan, se­suai dengan tahapan, ren­tang tanggal 16 dan 17 De­sem­ber 2015 merupakan proses rekap dan pleno hasil pil­kada tingkat Kota Padang.

“Ini adalah tahapan ber­jenjang yang telah kita lalui, mulai dari rekap 11 keca­matan yang telah dilakukan dan hari ini tingkat kota,” ungkapnya saat pleno pe­netapan hasil pilkada gu­ber­nur tingkat kota Padang, di Hotel Bumi Minang, Kamis (17/12).

Baca Juga : Terdampak Pandemi Covid-19, Angka Pernikahan di Kota Padang Turun 10 Persen

Setelah pleno ini, pihak­nya akan menyampaikan ke KPU provinsi pada tanggal 18 dan 19 Desember 2015 ini. (h/mg-rin)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]