Kabupaten/Kota Diminta Tetap Anggarkan Dana untuk SMA/SMK


Jumat, 18 Desember 2015 - 03:20:06 WIB
Kabupaten/Kota Diminta Tetap Anggarkan Dana untuk SMA/SMK

Hal ini diungkapan Kepala Dinas Pen­didikan dan Ke­bu­dayaan (Disdikbud) Pro­vinsi Sumbar Syamsulrizal di depan Pe­mimpin Umum Harian Ha­luan Zul Effendi, Wakil Pim­pinan Perusahaan (WPP) David Mar­dian, Wakil Pimpinan Umum Haluan Riau, Sofialdi saat Haluan  di Disdikbud Sumbar, Kamis (17/12) pagi.

“Bagaimana pun menjelang efektif 1 Januari 2017 men­datang pemerintah daerah harus tetap me­ngang­garkan untuk pendidikan SMK/SMA di ka­bupaten/kota. Kalau tidak di­ang­garkan tentu tidak akan ada aktivitas belajar mengajar nan­tinya,” terang Syamsulrizal.

Baca Juga : Pemkab Pessel Wajibkan Aktivitas Galian C Kantongi Izin Operasi

Untuk serah terima SMK/SMA baru akan dilakukan pada 1 Oktober 2016 mendatang. Saat ini Disdikbud bersama dengan Biro Pengelolaan Aset Setdaprov Sumbar masih me­lakukan pendataan aset.

Terkait dengan penarikan kewenangan SMA/SMK ini katanya, beberapa usulan Struk­tur Organisasi Tata Kerja (SOTK) dari kabupaten/kota te­­lah diterima Disdikbud. “Ada usulan, setelah dilakukan penarikan ke­wenangan SMA/SMK di kabupaten/kota d­i­bentuk UPT SMA/SMK. N­a­mun, masih belum diputuskan apakah hanya di kabupaten/kota atau hanya di provinsi saja,” paparnya.

Baca Juga : Sejumlah Pejabat di Kabupaten Pesisir Selatan Batal Divaksin

Usulan lain kata Syam­sulrizal yaitu pem­bentukan SOTK eselon III dengan pem­ben­tukan Kepala Bidang Ke­pegawaian dan Kepala Bidang Perencanaan Pen­didikan. “Usu­­lan ini masih kita tam­pung, belum kita putuskan,” ujarnya.

Penarikan kewenangan ini berdasarkan Undang-Undang nomor 32 tahun 2004 men­jadi Undang-Undang nomor 23 ta­hun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Dengan  pengalihan kewenangan itu, maka ma­najemen pengelolaan 493 SMA/SMK otomatis dilakukan pro­vinsi. (h/mg-isr)

Baca Juga : Kesembuhan Pasien Covid-19 di Sumbar Bertambah 158 Kasus, Didominasi dari Kota Padang

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]