Air Terjun Lubuk Hitam

Pesona Baru Wisata Kota Padang


Sabtu, 19 Desember 2015 - 01:36:14 WIB
Pesona Baru Wisata Kota Padang

Ya, tempat yang masih belum banyak dikenal se­bagian masyarakat Sumbar khususnya Kota Padang masih menyimpan keka­yaan dari segi wisatanya.

Berada sekitar 21 Kilo­meter (KM) dari Pusat Kota Padang, anda dapat melihat air terjun tiga ting­kat yang menambah daya tarik objek wisata yang masih belum mendapat perhatian lebih dari Pe­merintah Kota (Pemko) Padang ini.

Baca Juga : Cara Mudah Mempelajari Polis Asuransi 

Namun, untuk men­capai ketiga tingkat ter­sebut, dibutuhkan waktu lebih kurang satu jam dika­renakan jarak antara air terjun yang terpisah satu sama lainnya.

“Tetapi jangan kha­wa­tir, semua perjuangan untuk mencapai ketiga air terjun tersebut akan terbayarkan dengan pesona alam yang menawan di pemandian Lubuk Hitam ini,” tutur pengarah jalan, Ricky (37) saat Haluan menyambangi tem­pat tersebut, Rabu (15/12).

Baca Juga : Selamat Hari Puisi Nasional, Ini Ternyata Sejarahnya

Lebih lanjut, warga RT 01 RW 03 Kelurahan Teluk Kabung Utara (TKU) ini mengatakan, tempat ini makin hari makin banyak dikunjungi oleh wisatawan, terutama di hari libur Na­sional dan Minggu.

“Bukan hanya pe­ngun­jung yang berasal dari da­lam negeri saja, bahkan pengunjung dari luar negeri pun pernah kesini. Saya bahkan pernah menjadi pegarah jalan bagi bu­le dari Australia tersebut selama satu hari penuh untuk men­capai puncak dari Lubuk Hitam tersebut,” ung­kap­nya.

Ia meminta kepada Pem­ko dan instansi terkait agar lebih memperhatikan kawasan tersebut me­ng­ingat Lubuk Hitam bisa menjadi salah satu Pe­ma­sukan Asli Daerah (PAD) Kota Padang.

“Kami sangat me­nung­gu Pemerintah setempat untuk memperhatikan ke­lanjutan dari objek wisata ini, mengingat keindahan alamnya bisa menarik wi­satawan yang lebih banyak lagi, terutama masalah akses menuju ke Lubuk Hitam ini,” pintanya.

Sementara itu, Camat Bungus Teluk Kabung, Im­ral Fauzi saat ditemui Ha­luan mengatakan, Ob­jek Wisata Lubuk Hitam sebe­narnya sudah masuk dalam rencana pe­ngem­bangan ob­jek wisata oleh Badan Pe­ren­canaan Pem­­­ba­ngu­nan Daerah (Bap­­peda) be­bera­pa tahun yang lalu.

“Kita sudah me­nga­ju­kan pengembangan wisata Lubuk Hitam ini seperti infrastruktur yang meliputi jalan, promosi wisata, dan pendanaan pengembangan tempat tersebut ke Pemko Padang,” katanya.

Namun menurut Imral, pihaknya sudah melakukan pembetonan jalan masuk ke objek wisata tersebut, namun anggaran yang ter­batas di tingkat kecamatan membuat pihaknya hanya sanggup melakukan beto­nisasi jalan sepanjang 300 meter.

“Dalam setiap Mu­sya­warah Perencanaan Pem­bangunan (Musrenbang) dengan Pemko, kami selalu mengusulkan agar pem­bangunan infrastruktur menuju objek wisata Lubuk Hitam agar lebih di­per­hatikan. Bahkan, bukan hanya jalan menuju Lubuk Hitam, namun jembatan yang rusak di kawasan ini juga sering kami usulkan kepada Pemko Padang,” pungkasnya. (h/mg-adl)

 

Laporan:
MUHAMMAD AIDIL
 

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]