Harga Cabai di Padang Naik


Sabtu, 19 Desember 2015 - 03:15:17 WIB
Harga Cabai di Padang Naik Harga cabai di kota Padang Pada Jumat (18/12) sempat naik 100% dari harga Rp40-45 ribu/kg hingga mencapai Rp80 ribu/kg. (YANSEN)

Ani (53) salah sorang pedagang cabai di pasar raya menuturkan, kenaikan har­ga cabai dimulai sejak Ka­mis lalu, dari harga Rp45 ribu/kgnya menjadi Rp60 ribu/kg, “numun ada juga penjual Jumat  pagi yang menjual hingga Rp80 ribu/kgnya lantaran capai sempat gantung,” tutur wanita yang akrap disapa Aan itu.

Di tempat terpisah, hal yang sama juga ugkapkan Beni, “Sebenarnya haura cabai memang naik sejak hari Kamis kemarin. Na­mun kenaikannya hanya berkisar hingga angka Rp60 ribu, jika ada yang menjual sam­pai harga Rp80 ribu/kgnya hal itu disebabkan oleh beberapa pedagang cabai yang memanfaatkan situasi karena cabai sempat gan­tung,” tuturnya.

Lebih jauh Beni me­nga­takan, kenaikan harga sem­bako termasuk cabai dise­babkan lantaran dalam rangka hari natal dan tahun baru.

Sementara itu salah satu petani cabai lokal yang sempat dihubungi Haluan  via seluler mengatakan, ca­bai sempat gantung dan mahal di Kota Padang lan­taran musim hujan dan ma­salah kabut asap, “Pada musim hujan cabai rawan kebusukan, serta bencana kabau asap kemaren juga membuat petani cabai tidak mampu panen maksimal, “ katanya.

Telni  yang pagi itu sem­pat hendak membeli cabai di Pasar Raya membatalkan niatnya, ibu rumah tangga tersebut akhirnya menganti kebutuhan cabenya dengan rawit yang selama ini di­tanamnya dengan pot di pelantaran rumahnya sen­diri serta mencapurnya de­ngan cabe sortiran yang harga sedikit lebih murah, dengan demikian untuk sementara kebutuhan cabai keluraganya bisa terpenuhi, “semoga harga cabai kem­bali cepat normal,” pung­kasnya. (h/mg-ysn)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]