Panwaslu Rekomendasikan 85 KPPS Tak Dipilih Lagi


Sabtu, 19 Desember 2015 - 03:20:48 WIB
Panwaslu Rekomendasikan 85 KPPS Tak Dipilih Lagi

Ketua Panwaslu Pa­sam­an Rini Juwita, Jumat (18/12) kepada Haluan menga­takan, lima laporan masya­rakat terhadap penye­leng­garaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman pada 9 Desember 2015 lalu adalah, dugaan membagi-bagikan uang kepada pe­milih, pemilih yang men­cob­los di luar TPS terkait, pen­ye­baran pesan singkat oleh anggota KPPS yang me­nga­jak memilih salah satu pa­sang­an calon, dan sejumlah temuan pada DPT-Tb di Sundatar, Rao, Panti, Pa­da­ng Gelugur dan Rao Selatan.

“Semua pengaduan su­dah selesai dan sudah di­keluar­kan re­ko­mendasinya pada Jumat (kemarin-red),” ujar Rini Juwita.

Baca Juga : Pengurus HIPMI 3 Daerah Dilantik Serentak di Payakumbuh

Rini menegaskan, ada dua kategori secara umum hasil rekomendasi Pan­was­lih atas pengaduan tersebut, yaitu temuan administrasi dimana sejumlah nama ke­tua dan anggota KPPS di­rekomendasikan ke KPU untuk tidak direkrut pada pemilu selanjutnya. Hasil rekomendasi kedua, yaitu tidak ditemukannya tinda­kan pidana Pilkada karena tidak dipenuhinya unsur-unsur pidana Pilkada.

“Iya, memang pada re­ka­pitulasi kemarin, saksi dari paslon 1 tidak mau me­nan­da­tangani, alasan re­ko­men­dasi. Kini, rekomendasi itu telah kami keluarkan,” jelas Rini.

Baca Juga : Amazing! Inilah 'The Power of Emak-emak' dari Pariaman yang Bikin Takjub

Secara rinci, hasil re­ko­mendasi yang dikeluarkan oleh KPU Pasaman pada sejak 12- 17 Desember 2015 adalah laporan terkait in­dikasi tindakan pidana pe­milu dilaporkan oleh Kris­tian, Boy Roy Indra, dan Surya Tambunan tidak di­lanjutkan ke kepolisian ka­rena tidak memenuhi unsur pidana Pilkada. Demikian juga dengan laporan Surya Darma melaporkan Yandri dan laporan Yuli Fernadi melaporkan Jhon Bravo tidak dilanjutkan ke ke­po­lisian karena tidak me­me­nuhi unsur pidana Pilkada.

Sementara itu, lima la­poran terkait penyelenggara pemilu, tiga laporan di­la­por­kan oleh Itwantri de­ngan hasil rekomendasi dari Pan­was ke KPU Pasaman adalah remekomendasikan 17 TPS untuk tidak me­re­krut kem­bali Ketua dan anggota KPPS nya, yaitu 2 TPS di Nagari Sundata, 3 TPS di Nagari Pauh dan 12 TPS di Nagari Tanjung Beringin.

Baca Juga : FOTO: Polisi Sita 49 Batang Kayu Balok Diduga Hasil Ilegal Logging

Sementara itu, laporan Wamimi Haldi melaporkan Ilyas anggota KPPS 1 Ka­u­man karena Ilyas men­ye­barkan sms untuk memilih salah satu paslon. (h/col)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]