Kantor KPU Dibobol

Anggota Gadungan “Duel” dengan Polisi


Sabtu, 19 Desember 2015 - 03:22:03 WIB
Anggota Gadungan “Duel” dengan Polisi

Tersangka pencuian be­ri­nisial YT (22) warga Sing­galang, X Koto, Kabupaten Tanah Datar, berhasil ma­suk dan nyaris menggondol seluruh barang berharga milik KPU Padang Pan­jang. Aksi tersebut sempat membuat panik aparat ke­po­lisian, karena tersangka mengajak anggota ke­po­li­sian duel.

Dari informasi yang di­him­pun Haluan, kejadian berawal ketika tersangka tertangkap basah sedang berada di dalam lokasi ka­n­tor  KPU oleh aparat ke­polisian. Melihat galagat mencurigakan, anggota po­lisi yang bertugas menjaga kantor KPU Padang Panjang mengejar tersangka, yang berusaha kabur dari se­r­ga­pan polisi. Setelah berhasil diamankan, tersangka ber­dalih dirinya salah seorang satu staf KPU, dengan me­m­perlihatkan identitas pal­su pada petugas.

Baca Juga : Tebar Amal Jariah di Kawasan Pelosok, Audy Joinaldy Apresiasi Konco Arek Sahati

Setelah melihat identitas milik tersangka, polisi tidak langsung percaya dan be­rupaya membawa pelaku untuk diinterogasi dalam kantor KPU Padang Pan­jang. Akan tetapi saat polisi akan membawa, tersangka melawan hingga per­ke­la­hian antara polisi dan ter­sangka tidak dapat ter­hin­dari. Melihat keributan an­tara tersangka dan polisi, ternyata menarik perhatian warga yang ingin tahu apa yang tengah terjadi di Kan­tor KPU Padang Panjang.

“Saat perkelahian itu, sejumlah warga datang ke lokasi. Setelah warga me­n­ge­tahui kalau yang ber­ke­lahi dengan kami ini adalah pelaku pencurian, warga membantu kami dan ter­sangka langsung dihakimi warga setempat, yang geram dengan aksi tersangka itu,” ujar Bripda Robi, salah seorang anggota polisi.

Baca Juga : Ahli Epidemiologi: Kesuksesan Vaksinasi Tahap Pertama Jadi Tolak Ukur Pelaksaan Selanjutnya

Lebih lanjut katanya, kemudian pihak petugas Polres Padang Panjang da­tang untuk memberikan pengamanan, hingga pelaku dapat diselamatkan dari amukan warga. Di­se­but­kan­nya, setelah tersangka ber­hasil diamankan dari amu­kan masa, tersangka lang­sung digelandang ke Ma­pol­res Padang Panjang untuk proses hukum lebih lanjut.

Diruangan introgasi pe­n­yidik Reskrim Polres Pa­dang Panjang, tersangka YT mengakui perbuatannya pada penyidik. Dirinya me­nga­ku memang berniat me­n­curi barang-barang ber­harga yang ada dalam kantor KPU Padang Panjang.

Baca Juga : 28 Formasi CPNS Sumbar Masih Kosong, Dokter Spesialis Terbanyak

“Sebelum diamankan, saya telah berhasil meng­gon­dol tas, dua unit HP, flasdisk, serta sejumlah kertas lem­baran kerja anggota KPU,” kata YT, sambil menunduk menghindari kamera se­jumlah wartawan.

Dihadapan penyidik, tersangka memohon dan meminta petugas me­maaf­kan perbuatannnya. Tangis tersangka berkepala plontos ini pun pecah dalam ruang­an penyidik, karena ter­sangka mengingat akan ma­suk hotel prodeo dalam waktu yang cukup lama.

Baca Juga : Heboh Siswa Pakai Jilbab di Padang! Bundo Kanduang: Minang Tak Pernah Terjadi Konflik, Sudahi Pertikaian dan Jangan Diperuncing Lagi

Kepala Urusan Bidang Operasi (Kaur Bin Ops) Mapolresta Padang Panjang, Iptu Damanik mem­benar­kan telah terjadinya kasus pencurian di Kantor KPU Kota Padang Panjang. Te­rang­nya, jajaran kepolisian menangkap tersangka pen­curian, yang berniat mem­bobol Kantor KPU Kota Padang Panjang.

“Saat ini tersangka su­dah dapat kita aman­kan, dia (Ter­sangka,red) merupakan pe­main baru. Untuk pe­ngem­bangan kasus, saat ini jajaran Reskrim akan me­la­kukan pendalaman hingga kasus ini tuntas dan dapat dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Padang Panjang,” ujar Damanik.

Terpisah, salah seorang Staf KPU Padang Panjang, Zetra Effendi mengatakan, terkait adanya kasus pen­curian, pihaknya telah me­m­buat laporan ke­polisian. Namun, beberapa barang bukti berupa berkas dan data kerja KPU yang telah berhasil diambil oleh ter­sang­ka dapat dikembalikan.

“Kalau tersangka lolos, aksinya masih bisa dapat diketahui petugas, karena perbuatannya terekam di CCTV. Untuk persoalan ini, kita telah serahkan se­pe­nuhnya pada pihak ber­wajib untuk mengusut per­kara ini,” jelas  Zetra.

Tambahnya, pengakuan tersangka adalah anggota KPU Padang Panjang, tidak benar sama sekali. Untuk itu, dirinya berharap polisi da­pat mengungkap, di mana te­rsangka mendapatkan ka­r­tu identitas keanggotaan KPU Padang Panjang. (h/mg-pis)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]