Walikota Padang Mahyeldi

“Jembatan Unand” Segera Diperbaiki


Sabtu, 19 Desember 2015 - 03:29:35 WIB
“Jembatan Unand” Segera Diperbaiki

Hal ini mengakibatkan kondisi pon­dasi jembatan itu ‘meng­gantung’ tanpa penahan yang terkikis air bah. Sejak itu jalan dua jalur yang me­lewati jembatan tersebut akhirnya ditutup warga se­tempat.

Saat Walikota Padang H. Mahyeldi Dt Marajo ber­sama perangkat kerjanya berkunjung ke lokasi itu, Kamis (17/12), kendaraan yang lewat hanya diper­bolehkan meng­gunakan sa­tu jalur sebelah kiri menuju Unand.

Sebab, di sisi sebelah ka­nan di jem­batan tersebut terdapat lu­bang me­ng­a­nga akibat ter­kikisnya pon­dasi jembatan ter­sebut. Di­kha­watirkan jembatan ini bisa ambruk jika tak segera di­perbaiki. Apalagi jembatan ini setiap waktu dilewati kendaraan sebagai jalur perlintasan oleh civitas kam­pus ter­sebut.

Walikota Pa­dang H. Mah­yeldi Dt Marajo yang da­tang bersama Ke­pala Dinas Pe­ker­jaan Umum Fat­riarman, Camat Pa­uh Wardas Tan­jung, Sekretaris BP­BD Budi Pa­yan, Kepala Bagian Hu­mas dan Pro­tokol Mursalim dan lainnya, langsung turun ke bawah jembatan untuk melihat langsung kondisi pondasi jembatan tersebut.

Walikota mendapati pon­­dasi jembatan sudah terkikis air bah. Sehingga tidak ada lagi penahan yang kokoh bagi jembatan ter­sebut. Begitu juga di sisi bagian atas jembatan, ter­lihat lubang besar yang menganga karena telah lu­ruhnya tanah pondasi.

“Jembatan ini peng­hu­bung ke kampus Unand dan cukup penting sebagai per­lintasan bagi masyarakat. Sejak banjir lalu, pondasi jembatan ini terkikis,” kata walikota.

Walikota menyebut pe­ngerjaan perbaikan jem­batan ini harus segera dila­kukan. Mengingat jembatan ini jalan untuk ke kampus Unand.

Untuk perbaikan jem­batan ini, Pemko Pa­dang akan menggunakan dana bantuan bencana yang berada di BPBD Kota Pa­dang.

“Tadi kita sudah ke­temu Rektor Unand dan sudah dibicarakan. Jem­batan ini diperbaiki dalam minggu ini juga,” ujar Mah­yeldi.

Diperbaikinya jembatan ini cukup mendapat respon positif dari Rektor Uni­versitas Andalas Prof Tafdil Husni yang bertemu lang­sung dengan walikota.

Menurutnya langkah perbaikan jembatan ini cu­kup tepat sebab selalu di­lewati civitas kampus. “Te­rimakasih kepada Pemko Padang yang begitu peduli, dekat dan melayani,” ka­tanya.(h/rel/ows)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]