Tambud Gencarkan Festival untuk Bangkitkan Grup Seni


Sabtu, 19 Desember 2015 - 03:30:32 WIB
Tambud Gencarkan Festival untuk Bangkitkan Grup Seni

Harapan tersebut di­sam­paikannya usai mem­buka festival seni per­tun­jukan tradisional di gedung utama Taman Budaya, Jum­at (18/12 ).

Lebih lanjut Muasri men­jelaskan, festival ter­sebut merupakan kegiatan perubahan dari kegiatan yang pernah digelar pada tingkat nasional pada tahun lalu. Menurut Muasri, tuju­an dari festival tersebut, adalah untuk merangsang grup-grup tari di ranah Mi­nang.

“Tahun ini kita memang menyusun satu program yakni festival yang kita per­untukkan bagi grup-grup yang ada di kabupaten/kota. Kegiatan ini perubahan dari kegiatan nasional yang se­lalu kita ikuti, tahun ini kita tidak ikut. Namun bagai­mana kita merangsang per­tumbuhan kesenian yang di Sumatera Barat, karena ang­garan kita untuk itu tidak banyak, jadi kita coba mer­u­bah festival nasional ter­sebut menjadi kegiatan da­erah dengan mengikut­serta­kan 19 grup di kabupaten/kota,” ujar Muasri.

Sementara itu Ketua Panitia Festival Sexri Bu­diman mengatakan dari 19 grup yang ikut15 grup yang diperlombakan, sedangkan 4 grup lagi hanya sebagai pertunjukan khusus.

Keempat grup tersebut yakni Saandiko dari Kota Bukittinggi, Musikal Puisi dari MAN 2 Padang dan dua grup lagi dari Kota Paya­kumbuh.

Lebih lanjut Sexri Bu­diman menjelaskan, dalam festival yang berlangsung hingga besok tersebut. Di­harapkan bagaimana seni tradisi dapat dikemas se­maksimal mungkin se­hing­ga seni tradisi dapat diang­kat kembali dan digemari oleh masyarakat. Panitia akan mengambil 5 pe­nam­pilan grup kesenian yang terbaik dan panitia juga menyediakan uang tunai dengan total Rp 15 juta, trofi dan piagam. (h/rel/ows)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]