RS Saanin Juga Layani Pasien dari Jambi dan Sumut

Pasien Rehabilitasi Narkoba Meningkat


Sabtu, 19 Desember 2015 - 03:33:15 WIB
Pasien Rehabilitasi  Narkoba Meningkat

“Saat ini semua tempat tidur khusus untuk pasien rehabilitasi narkoba yang berjumlah 20 unit penuh, bahkan ada tiga orang lagi yang sudah mendaftar untuk dire­habilitasi belum dapat tempat tidur,” kata Direktur Rumah Sakit H.B Saanin, Lily Gra­cediani di Padang, Kamis.

Lily menyebut dari 2011 sampai 2014 jumlah tempat tidur cuma 10 unit, se­ha­rusnya ditambah menjadi 20 unit pada 2015, karena jumlah pasien yang terus bertambah.

Baca Juga : Ada 52 Kasus Pernikahan di Bawah Umur di Kota Padang Tahun 2020, Penyebab Utama 'Hamil Duluan'

Rumah sakit H.B Sa­anin merupakan salah satu rumah sakit yang menjadi Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) di Sumbar.

“H.B Saanin merupakan rumah sakit pertama yang menjadi IPWL pada 2011 bersama dua puskesmas di Kota Padang,” ujarnya.

Baca Juga : Cuma 2 Menit, Cetak Dokumen Kependudukan di Disdukcapil Kota Padang dengan Anjungan Dukcapil Mandiri

Ia menyebut ada dua cara pendaftaran pasien reha­bili­tasi, ada yang lang­sung datang ke rumah sakit karena me­mang ingin mela­kukan reha­bilitasi, serta ada juga reko­mendasi dari BNN untuk dititip sampai proses hukum.

Pasien sendiri tidak ha­nya berasal dari Provinsi Sumbar saja, akan tetapi ada yang datang dari Kerinci Provinsi Jambi dan dan Sibolga Sumatera Utara.

Baca Juga : Terdampak Pandemi Covid-19, Angka Pernikahan di Kota Padang Turun 10 Persen

Di Sumbar ada 14 ru­mah sakit dan puskesmas yang sudah menjadi IPWL dari Kementerian Kese­hatan (Kemenkes), serta ada tiga IPWL dari Kemen­terian Sosial (Kemensos).

Untuk rumah sakit yaitu, HB. Saanin Padang, RSUP M. Djamil, RSU Achmad Muchtar Bukittinggi, rumah sakit Bhayangkara Polda Sumbar.

Baca Juga : Masa Reses DPRD Padang, Irawati Meuraksa Siapkan Program Tepat Guna untuk Masyarakat

Sementara untuk pus­kesmas, Seberang Padang, Andalas Padang, Perkotaan Bukittinggi, Guguk Panjang Bukittinggi, Biaro Ka­bu­paten Agam, Payolansek Paya­kum­buh, Naras Dhar­masraya, Kampai Tabu Ka­rambia So­lok dan Po­lik­linik Biddokes Polda Sum­bar.

“Ada empat pilar utama dalam pembangunan yaitu pemberantasan, pen­ce­ga­han, pemberdayaan masya­rakat, rehabilitasi dan tugas dari IPWL adalah untuk rehabilitasi,” jelasnya.

Ini adalah program Pre­siden RI Joko Widodo un­tuk rehabilitasi 100 ribu pe­nya­lah­guna narkoba pada tahun ini.

Ia mengatakan, kondisi narkoba di Sumbar saat ini sudah memprihatinkan. ­ Ta­hun 2014, jumlah penyalah guna atau pen­candu di pro­vinsi tersebut sudah men­capai 65.300 orang. (h/rel/ows)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]