Ada Unsur Pidana dalam Posting Foto “Jokowi-Nikita Mirzani”


Sabtu, 19 Desember 2015 - 03:35:40 WIB
Ada Unsur Pidana dalam Posting Foto “Jokowi-Nikita Mirzani”

“Kita lakukan kajian terhadap yang diposting itu. Memang dari hasil kajian kami ada memenuhi bebe­rapa unsur pidana,” kata Badrodin usai Penga­nuge­rahan Satyalancana Kebak­tian Sosial bagi Donor Da­rah Sukarela 100 Kali di Istana Bogor, Jumat.

Menurut dia, foto reka­yasa online itu mengandung unsur pornografi dan me­lang­gar Pasal 5 UU ITE.

Baca Juga : Korban Teknologi Digital, Koran Suara Pembaruan Berhenti Terbit 1 Februari 2021

Ayat 1 dari pasal itu menyebutkan “Informasi Elektronik dan/atau Doku­men Elektronik dan/atau hasil cetaknya merupakan alat bukti hukum yang sah”, sedangkan ayat 2 menu­liskan “Informasi Elek­tronik dan/atau Dokumen Elektronik dan/atau hasil cetaknya sebagaimana di­mak­sud pada ayat (1) meru­pakan perluasan dari alat bukti yang sah sesuai dengan Hukum Acara yang berlaku di Indonesia”. “Kami berke­simpulan ini sudah penuhi unsur pi­da­na. Oleh karena itu akan dilakukan penin­dakan un­tuk dibawa ke pe­nga­dilan,” tegas Badrodin.

Badrodin menyim­pul­kan tidak ada muatan kritik dari foto rekayasa, sebalik­nya hanya kata-kata tidak senonoh yang cenderung menghina Presiden. Yulian Paonganan alias Ongen ra­mai dibicarakan di Twitter ka­re­na memposting foto Jo­kowi bersama artis Nikita Mir­zani. (h/ant)

Baca Juga : Akhirnya Terungkap, Alasan di Balik Vaksin China Jadi Prioritas RI

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]