Ketua DPD RI Irman Gusman Kunker ke Tapteng dan Sibolga


Sabtu, 19 Desember 2015 - 03:43:19 WIB
Ketua DPD RI Irman Gusman Kunker ke Tapteng dan Sibolga

Tapanuli Tengah dan Sibolga terletak di pantai, lereng, dan pegunungan yang membujur sepanjang pantai dari utara ke selatan pesisir barat Sumatera Utara di kawasan teluk bernama Teluk Tapian Nauli.

”Saya ingin meninjau sejum­lah pembangunan dan pe­ngem­bangan infrastruktur di Tapanuli Tengah dan Sibolga. Dua daerah ini unik. Membujur sepanjang pantai dari utara ke selatan di kawasan teluk yang bernama Teluk Tapian Nauli,” ujar Irman di kantor DPD RI lantai 8 Ge­dung Nusantara III Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (18/12).  Setiba di Ban­dara Dr Fer­dinand Lum­ban­tobing (Pinang­sori), Irman ingin menghabiskan satu hari penuh di Tapanuli Tengah dan Sibolga, sekalian ingin makan ikan bakar di pantai Teluk Tapian Nauli.

Baca Juga : Perizinan Kehutanan, Angota Komisi IV DPR: Siti Nurbaya Kebagian Cuci Piring

Dalam pandangannya, pem­bangunan Tapanuli Tengah dan Sibolga harus menyinergikan kabupaten/kota di lingkup kawa­san pantai barat Sumatera, se­per­ti Aceh Singkil, Simeulue, Tapa­nuli Selatan, dan Mandailing Natal, untuk menciptakan kawasan yang kompetitif. Tapanuli Tengah dan Sibolga bisa menjadi pusat konek­tivitas antardaerah. Potensi utama perekonomiannya bersumber pada perikanan, pariwisata, per­dagangan, dan industri maritim.

Minggu (20/12) di ruangan VIP bandara Ketua DPD RI Irman Gusman mendengarkan pe­­maparan rencana pe­ngem­bangan dan pembangunan Ban­dara Dr Ferdinand Lumbantobing.

Baca Juga : Proyek Tol Trans Sumatera Terancam Setop, Ini Penjelasan Dirjen Bina Marga

Bagi Irman, transportasi udara sarana yang vital untuk pembangunan kawasan pantai barat Sumatera Utara, utamanya memangkas waktu tempuh dari/ke Tapanuli Tengah dan Sibolga.

Selanjutnya, rombongan be­rang­kat ke Pandan. Di Pondok Pesantren Bahriyatul Ulum KH Zainul Arifin, Ketua DPD RI menyampaikan ceramah umum di hadapan santriwan dan santri­wati. Nama pondok pesantren ini Bahriyatul Ulum. Maknanya kesamuderaan ilmu.

Baca Juga : Para Penerima Sebut Tidak Ada Efek Samping Serius dari Vaksin Covid-19

Berikutnya, Ketua DPD RI menuju Pelabuhan Perikanan Nu­­santara Sibolga dan Pela­buhan Sibolga. Di Pelabuhan Sibolga, Irman mendengarkan pema­paran rencana pengem­bangan dan pem­­ba­ngunan Pela­buhan Pe­rikanan Nusantara Sibolga dan Pelabuhan Sibolga oleh masing-masing kepala pela­buhan.

Seusai makan siang, Irman dan rombongan menuju Barus. Di sana, sesuai undangan Plt Bupati Tapanuli Tengah, dia melakukan pele­takan batu pertama pem­ba­ngunan Bendungan Sitangkurak.

Baca Juga : Presiden Jokowi Lantik Anggota Dewan Pengawas LPI

Barus dulunya pelabuhan internasional yang disinggahi berbagai etnis dan suku bangsa di dunia untuk mendapatkan kapur barus dan rempah-rem­pah. Barus menjadi salah satu tujuan wisata para peneliti arkeo­logi, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Ketua DPD RI Irman Gus­man menuju Sibolga. Dia me­ninjau Batu Lubang sembari men­de­ngarkan rencana pem­bangunan jalan tol Medan–Siantar–Sibolga). Ihwal jalan tol ini, Presiden Joko Widodo tanggal 22 Oktober 2015 telah menandatangani Peraturan Pre­siden (Perpres) Nomor 117 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 124 Tahun 2014 tentang Per­cepatan Pembangunan Jalan Tol di Sumatera. Pengusahaan 24 ruas jalan tol meliputi antara lain ruas jalan tol Medan – Binjai, ruas jalan tol Kisaran – Tebing Tinggi, ruas jalan tol Rantau Prapat – Kisaran, dan ruas jalan tol Tebing Tinggi – Pematang Siantar – Prapat – Tarutung – Sibolga.

Seusai beristirahat sejenak di hotel, Ketua DPD RI Irman Gusman dan rombongan meng­hadiri jamuan santap malam di rumah dinas Bupati Tapanuli Tengah bersama satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Ta­panuli Tengah. (rel/met)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 27 Januari 2021 - 16:56:05 WIB

    Perizinan Kehutanan, Angota Komisi IV DPR: Siti Nurbaya Kebagian Cuci Piring

    Perizinan Kehutanan, Angota Komisi IV DPR: Siti Nurbaya Kebagian Cuci Piring Anggota Komisi IV DPR RI Firman Subagyo menilai terobosan perizinan yang dilakukan pemerintahan Presiden Jokowi demi mempermudah investasi dan memotong birokrasi yang berbelit seperti diatur dalam Undang-Undang Cipta Kerja (U.
  • Rabu, 27 Januari 2021 - 15:48:57 WIB

    Proyek Tol Trans Sumatera Terancam Setop, Ini Penjelasan Dirjen Bina Marga

    Proyek Tol Trans Sumatera Terancam Setop, Ini Penjelasan Dirjen Bina Marga Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian buka-bukaan soal kondisi Jalan Tol Trans Sumatera. Ia mengatakan, PT Hutama Karya (Persero) atau HK yang mendapat penugasan untuk membangun tol tersebut mengalami de.
  • Rabu, 27 Januari 2021 - 15:21:18 WIB

    Para Penerima Sebut Tidak Ada Efek Samping Serius dari Vaksin Covid-19

    Para Penerima Sebut Tidak Ada Efek Samping Serius dari Vaksin Covid-19 Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima vaksin COVID-19 dosis kedua, Rabu (27/1/2021) di halaman tengah Istana Negara, Jakarta. Pemberian vaksin tersebut kemudian diikuti dengan vaksinasi kepada sejumlah perwakilan dari ber.
  • Rabu, 27 Januari 2021 - 14:43:03 WIB

    Presiden Jokowi Lantik Anggota Dewan Pengawas LPI

    Presiden Jokowi Lantik Anggota Dewan Pengawas LPI Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin  melantik Keanggotaan Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Investasi (Dewas LPI), di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/1/2021) pagi..
  • Rabu, 27 Januari 2021 - 14:08:17 WIB

    Pakai Singlet saat Vaksin Dosis ke Dua, Ini Alasan Jokowi

    Pakai Singlet saat Vaksin Dosis ke Dua, Ini Alasan Jokowi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima suntikan vaksin Covid-19 dosis kedua pada pagi hari ini Rabu (27/1) di halaman Istana Kepresidenan, Jakarta. Berbeda saat penyuntikan tahap pertama, kali ini, Presiden hanya tampak menge.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]