2015, Tiga Pasar Nagari Gagal Dibangun


Senin, 21 Desember 2015 - 01:30:59 WIB
2015, Tiga Pasar Nagari Gagal Dibangun

Kepala Dinas Kope­rin­dag ESDM Padang Paria­man, Rustam saat dihu­bu­ngi Haluan, Minggu (20/12) mengatakan, hing­ga saat ini pem­ba­ngunan Pa­sar Sungai Ge­ring­ging ter­sebut telah mencapai 95 per­sen dan hingga akhir ta­hun akan rampung di­ker­ja­kan.

Menurutnya, pada ta­hun 2015, Padang Pariaman bisa men­­dapatkan dana dari AP­BN untuk pem­bangunan pasar sebanyak Rp8,5 mi­liar. Dana ini akan digu­nakan untuk mem­ba­ngun tiga pasar nagari. Sayang­nya, dana yang cu­kup besar disediakan oleh Kemen­terian Perdagangan ini gagal digaet, karena persoalan tanah.

Baca Juga : Pemko Padang Panjang Cek Kesiapan Posyan Idul Fitri

Maka untuk tahun 2016 yang akan datang, peme­rin­tah Padang Pariaman  men­coba untuk menye­lesai­kan persoalan tanah di pasar nagari tersebut.

“Ka­lau per­soalan tanah ini tuntas, maka, dana un­tuk pem­bangunan pasar nagari akan lebih besar,” kata Rus­tam.

Baca Juga : ASN di Dharmasraya Dilarang Meninggalkan Daerah, Sutan Riska Tuanku Kerajaan: Kepala OPD Wajib Berikan Laporan Kedisiplinan Pegawai

Menurut Rustam, hing­ga saat ini ada terdapat 6 pasar nagari yang persoalan tanahnya sudah beres, se­hing­ga bisa diusulkan untuk kegiatan tahun 2016 pada  Kementrian Perdagangan RI. Enam unit pasar nagari ini meliputi, Pasar Kayu Tanam, Pasar Sungai Sariak, Pasar Barebeh, Nagari Pilu­bang, Pasar Sungai Buluah, Kecamatan Batang Anai, Pasar Koto Bangko, Keca­matan Sungai Geringging serta lanjutan Pasar Sungai Geringging.

“Untuk ke-6 pasar ini diperkirakan menelan da­na Rp12 miliar lebih,” jelas Rustam.

Ke depan, Rustam juga menjelaskan banyak pasar yang membutuhkan reno­vasi sesuai program Pe­merintah Padang Pariaman dalam meningkatkan kese­jahteraan ekonomi mas­ya­rakat. Hal ini diharapkan dapat diwujudkan secara bertahap. (h/ded)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]