Dies Natalis 50 ISI Padang Panjang

ISI Gelar Beragam Iven Internasional


Senin, 21 Desember 2015 - 01:32:38 WIB

Hal tersebut diungkap­kan Rektor ISI Padang Pan­jang Prof. Dr Novesar Ja­marun MS. Pada hari pe­nutupan sekaligus akan di­gelar Sidang Terbuka Dies Natalis.

ISI sebagai salah satu lembaga pendidikan seni terkemuka di Pulau Su­matera itu hingga Dies N­a­talis ke-50 tersebut, telah membuktikan ke­berhasi­lannya di dunia pendidikan kesenian dengan terus ber­karya melahirkan intelek­tual seni untuk melakoni persaingan menuju pera­daban Masyarakat Eko­no­mi ASEAN (MEA) tahun 2015.

“Semua iven yang kita gelar ini, bukan hanya untuk keluarga besar ISI saja, melainkan juga untuk ma­syarakat Padang Panjang dan daerah lainnya. Untuk itu kami sengaja meng­un­dang masyarakat untuk me­nyak­sikan keanekaragaman hasil karya ISI,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, Dies Natalis ISI Padang Panjang,  sesuai agenda kegiatan akan laksanakan selama 7 hari, dimulai dari tanggal 16-22 Desember 2015 dengan berbagai rang­kaian kegiatan.

Pada hari pertama, se­lain pertunjukan pem­bu­kaan juga dilaksanakan se­minar mahasiswa dan ke­mudian dilanjutkan dengan penampilan karya teri ino­vasi di gedung Auditorium ISI Padang Panjang.

Pada hari kedua, ke­giatan yang telah dilak­sanakan berupa pameran karya mahasiswa dari Fa­kultas Seni Rupa dan De­sain (FSRD) dan lomba kar­ya tari Hoerijah adama ting­kat mahasiswa dan siswa SLTA. Selain itu, Pe­mi­lihan Duta GenRe of The Years telah memasuki tahap seleksi 10 besar.

Pada hari ketiga, ke­giatan yang akan digelar adalah lanjutan pertan­di­ngan olahraga yang juga telah dimulai pada hari pertama. Selain  itu, juga ditampilkan pertunjukan karya musik inovasi, festival band kreatif,  dan pem­bukaan karya alumni pasca sarjana.

Pada hari keempat ber­bagai iven yang akan dia­dakan adalah lomba lagu Minang tingkat SD, SLTP, SLTA se-Sumbar. Stand up Comedy tingkat SLTA se-kota Padang Panjang, temu alumni ASKI/STSI/ISI Pa­dang Panjang yang berlang­sung sampai malam dan ditutup dengan pertunjukan seni dari alumni.

Pada hari kelima, ber­bagai iven yang akan digelar antara lain jalan santai, lomba mewarnai tingkat TK se-kota Padang Panjang, lanjutan lomba lagu Mi­nang, pemutaran film no­minasi jurusan televisi dan film dan pertunjukan ke­senian Ronggeng.

Pada hari keenam, ber­bagai iven yang diadakan antara lain seminar inter­nasional, workshop televisi dan film oleh Garin Nug­roho, malam penga­nu­ge­rahan Award Televisi dan Film serta Randai Tradisi dari Sijunjung.

“Insyaallah, pada penu­tupan Dies Natalis ISI ke-50 ini, kita juga kedatangan tamu istimewa dari Ke­menterian Koordinator Pem­bangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani dan Menteri Riset, Teknologi dan Pen­didikan Tinggi (Menri­stek­dikti) M Nasir,” sebut No­vesar Jamarun.

Beberapa rangkaian ke­gia­tan yang telah terlaksana yaitu penampilan karya seni tari dan musik dengan tema Merajut Nusantara yang diikuti oleh 50 orang pe­musik dan penari. Selain itu, mantan Ketua STSI (ISI Sekarang) Zulkifli SKar MHum juga membacakan puisi yang berjudul “Per­jalanan” tentang refleksi ISI dan perjuangan ISI Padang Panjang selama 50 tahun. (h/mg-pis)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM