Dana Desa Tahap II Sudah Dicairkan 98,7 Persen


Senin, 21 Desember 2015 - 01:35:00 WIB
Dana Desa Tahap II Sudah Dicairkan 98,7 Persen

“Untuk saat ini masih menunggu pencariran dana tahap ketiga sebesar 20 persen lagi dari Rp12,3 Miliar. Sedang­kan, pe­nger­ja­an paket fisik telah te­rea­lisasi secara keseluruhan berkisar 75 persen,” kata Basrial, Kepala Bagian Pe­me­rintahan Nagari Solsel, Basrial kepada Haluan, Jumat (18/12).

Pihaknya telah me­la­por­kan ke tingkat pusat untuk realisasi penggunaan ang­garan dana desa tahap kedua untuk memperoleh pen­cairan tahap ketiga. Sejauh ini pemanfaatannya cukup berdampak bagi ma­syarakat.

Walinagari Pasir Talang Barat, Feri mengatakan, dari Rp308.000.000 ang­gar­an dana desa yang di­anggar­kan, telah direalisasikan sebesar 80 persen dan telah dimanfaatkan untuk pem­bangunan irigasi pertanian.

“Berkat swadaya masya­rakat sebanyak lima paket pengerjaan irigasi telah selesai pengerjaannya se­kitar 95 persen. Kini tinggal menunggu pencarian untuk tahap kedua sebesar 20 per­sen lagi,” katanya.

Sedangkan manfaat yang dirasakan masyarakat, kata Feri, adalah lancarnya sa­luran irigasi pertanian bagi masyarakat. Mungkin yang awalnya saluran tidak lancar dengan adanya saluran iri­gasi tersebut pengairan sa­wah masyarakat menjadi lancar.

Paket irigasi yang telah dimanfaatkan tersebut adalah di Jorong Sungai Cangkau dua paket, Jorong Batang Lawe dua paket dan Jorong Lundang satu paket.

Sementara itu, Wali­na­gari Lubuk Gadang Se­latan, Ari Hendratno me­n­ye­but­kan, akibat ke­ter­lam­bat­an pencairan dana desa tahap kedua sebesar Rp 341.000.000, pihaknya baru menyelesaikan sekitar em­pat puluh persen paket pe­nger­jaan. Dari 12 titik paket, sepuluh paket adalah pe­nger­jaan jalan rabat beton untuk peningkatan usaha tani  dan pembangunan irigasi dua paket. “Ke­ter­lam­batan aki­bat kendala teknis terkait sehingga ter­lam­bat juga me­­nga­ju­kan, ”terangnya.

Namun demikian, ia op­timis pengerjaan bisa te­relaisasi berkat antusias dan swadaya masyarakat. (h/jef)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]