Wacana Pembangunan Bandara Kembali Bergulir


Senin, 21 Desember 2015 - 01:39:33 WIB

Walau banyak pujian yang disampaikan tokoh masyarakat yang disampaikan kepada Walikota, namun Ia mengaku belum puas terhadap keberhasilan yang diraih kota ini. “Saya meminta rakyat menuntut lebih banyak lagi kepada pemko untuk kemakmuran masyarakat, sehingga hal itu dapat memotifasi walikota untuk bekerja lebih giat lagi,” ungkap Riza Falepi, dalam jumpa pers, di ruang kerja Walikota, Sabtu (19/12).

Menurut dia, target pertumbuhan ekonomi sebesar 10 persen pertahun, sebenarnya dapat dicapai Kota Payakumbuh, dengan syarat harus bekerjasama dengan Pemprov Sumatera Barat dan daerah lain. Salah satunya mewujudkan pembangunan bandara. “Saya masih ber­keinginan membangun bandar udara tersebut untuk kemajuan ekonomi daerah,” ungkapnya.

Dikatakan, 3 tahun kepemimpinan sebagai Walikota, dia mengakui belum bisa berpikir lebih banyak untuk daerah ini, karena terfokus melakukan pembenahan ke dalam tubuh pemko.Dulu, sistim keuangan Pemko kurang tertib, sehingga tidak bisa meraih WTP. “Tapi, kini, sudah dapat meraih WTP. Sebagai Walikota, tidak mau sistim keuangan pemko amburadul,” tegasnya.

Riza Falepi mengakui, saat ini program trategis yang perlu penanganan serius dan makan waktu panjang yakni pembangunan normalisi Batang Agam. Disepanjang kiri dan kanan aliran Batang Agam akan dibangun jalan inpeksi. Saat ini, sudah teralokasi anggaran Rp60 milliar dari pemerintah pusat untuk membenahi aliran Batang Agam tersebut dan pekerjaannya akan dimulai tahun 2016 mendatang.

Sebenarnya atas lobbinya dengan Menteri di pusat, Kota Payakumbuh mendapat dana pembangunan normaliasi Batang Agam sebanyak Rp 120 Milliar. Namun, dana sebanyak itu terpaksa ditolak, karena belum mampu membebaskan tanah yang nantinya bakal terkena dampak pembangunan jalan inpesksi di aliran batang Agam tersebut,” ujar nya.

Menurut dia, jika pembangunan jalan inpeksi di sisi kanan dan kiri aliran Batang Agam itu rampung, maka disepanjang aliran Batang Agam tersebut akan tumbuh per­kampungan baru.  Selain itu, direncanakan pembangunan Islamic Centre dan alun-alun kota di atas tanah eks kantor Bupati lama yang berada di jalan Jendral Sudirman Paya­kumbuh, seperti sulit diwujudkan, karena urusan tanah dengan pemkab Limapuluh Kota tidak ada ujung pangkalnya.

Sebagai opsi terakhir, Islamic Centre itu akan dibangun di dekat kantor Balaikota Payakumbuh yang sekarang. Kendati lokasinya jauh dari pusat kota, tapi tidak masalah. “Yang terpenting rencana pembangunan Islamic Centre itu akan dapat kita wujudkan,” tu­turnya. (h/zkf)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 16 Januari 2020 - 15:00:36 WIB

    Pemkab Pasaman Wacanakan Hutan Kota Jadi Pusat Konservasi Flora dan Fauna

    Pemkab Pasaman Wacanakan Hutan Kota Jadi Pusat Konservasi Flora dan Fauna PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Pemerintah Kabupaten Pasaman berencana menjadikan kawasan Taman Hutan Kota (THK) Lubuksikaping sebagai pusat konservasi flora dan fauna. Ini upaya pemda setempat menjaga alam tetap lestari. .
  • Jumat, 10 Mei 2019 - 15:59:36 WIB

    Wacana Bandara Payakumbuh Kembali Mengapung

    Wacana Bandara Payakumbuh Kembali Mengapung PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Wacana pembangunan Bandara Payakumbuh kembali muncul di ranah publik. Wacana yang cukup lama tenggelam itu mengapung kembali ketika pertemuan antara Anggota DPD RI Herman Darnel Ibrahim (HDI) de.
  • Selasa, 19 Maret 2019 - 11:47:03 WIB

    Wacana Daerah Istimewa Minangkabau Kembali Berdengung

    Wacana Daerah Istimewa Minangkabau Kembali Berdengung PADANG, HARIANHALUAN.COM — Wacana menjadikan Sumbar sebagai provinsi istimewa dengan nama Daerah Istimewa Miangkabau (DIM) kembali kencang didengungkan. Wacana DIM dipandang sejalan dengan pasal 18 B ayat 1 UUD 1945, yang .
  • Kamis, 17 Januari 2019 - 10:30:45 WIB

    Wacana Presiden Naikan Gaji Perangkat Desa, Irwan Prayitno: Dananya Ada atau Tidak?

    Wacana Presiden Naikan Gaji Perangkat Desa, Irwan Prayitno: Dananya Ada atau Tidak? PADANG, HARIANHALUAN.COM — Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno (IP) menyatakan dukungannya atas wacana kenaikan gaji perangkat desa (di Sumbar, nagari) yang diusulkan oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu yang lalu. .
  • Sabtu, 17 Februari 2018 - 02:53:08 WIB

    Sejumlah Pihak Tolak Wacana Penggantian Nama Gunung Kerinci

    Sejumlah Pihak Tolak Wacana Penggantian Nama Gunung Kerinci SOLOK SELATAN, HALUAN - Terkait berhembusnya wacana penggantian nama Puncak Gunung Kerinci (PGK) menjadi puncak Joko Widodo (Jokowi) menuai beragam komentar penolakan dari para netizen. Terutama, disalah satu grup media sosia.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM