Satpol PP Padang Memperingati Hari Bela Negara


Senin, 21 Desember 2015 - 01:44:43 WIB
Satpol PP Padang Memperingati Hari Bela Negara

“Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian pe­ri­ngat­an Hari Bela Negara yang ja­tuh pada tanggal 19 Desem­ber. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh jajaran di Markas Komando Satuan Polisi Pa­mong Praja Kota Padang dan juga sebagai ajang silaturahmi seluruh keluarga besar Satpol PP Padang,” ujar Kasat Pol PP Kota Padang, Firdaus Ilyas.

Firdaus menuturkan, ke­giatan Peringatan Hari Bela Negara ini perlu dilaksanakan sebagai bentuk rasa Na­sio­nalisme terhadap bangsa.

“Banyak dari generasi muda pada zaman sekarang yang tidak tahu makna se­benarnya dari Hari Bela Ne­ga­ra. Tanpa adanya pe­maha­man tentang Bela Ne­gara, bangsa Indonesia seperti ke­hilangan jati diri,” ujarnya. Ia menjelaskan bahwa Hari Bela Negara merupakan sebuah sejarah yang tidak bisa di­lupakan begitu saja, karena pada masa itu terjadi Agresi Militer Belanda II.

“Peringatan bela negara mengacu pada peristiwa se­jarah 67 tahun lalu saat Be­landa melakukan Agresi Mi­liter II tanggal 19 De­sember 1948. Pada saat itu, Presiden Soekarno memberi mandat kekuasaan kepada Mr. Sya­fruddin Prawiranegara di Su­matera Barat untuk men­jalankan pemerintahan guna mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia di Kota Bu­kit­ting­gi, Sumatera Barat,” terangnya

Di saat Belanda me­ngu­mumkan kepada dunia bahwa Indonesia sudah tidak ada lagi, Mr. Sjafruddin Pra­wi­ra­negara berjuang mem­per­ta­hankan keutuhan Negara Ke­satuan Republik Indonesia dengan menyuarakan masih tegaknya NKRI. Guna me­nge­nang peristiwa 19 De­sember 1948 tersebut, maka melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 28 Tahun 2006, tanggal tersebut di­peringati sebagai  Hari Bela Negara. (h/rel-mg-adl)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]