Jalan by Pass Padang Dipakai untuk Parkir Truk


Senin, 21 Desember 2015 - 01:48:01 WIB
Jalan by Pass Padang Dipakai untuk Parkir Truk Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah memantau truk yang parkir di pinggir jalan by pass.

Padatnya arus lalu lintas di jalur ini membuat sering terjadi kemacetan panjang. Apalagi jalur dari dan me­nuju pelabuhan Teluk Bayur ini pada umumnya dilalui kendaraan berbadan besar seperti truk maupun tron­ton.

Sayangnya, kesadaran pemilik kendaraan di sini cukup rendah. Banyak yang memarkir kendaraannya di sisi jalan tanpa meng­hi­raukan kendaraan lain.

Akibatnya macet berke­panjangan tak terelakkan. Truk dan kendaraan lain seenaknya parkir di pinggir jalan, sehingga pengguna jalan lain yang akan lewat menjadi tersendat.

Pantauan di lapangan, pekan kemarin, truk berba­dan besar parkir di sisi kiri dan kanan jalan.

Di sisi jalan yang belum dibetonisasi, sejumlah ken­daraan mesti berjalan pelan karena banyaknya lubang besar dan tergenang air. Sesekali jalur ini ‘crowded’ dikarenakan truk yang par­kir di pinggir jalan sehingga jalan jadi tersumbat. “Acok macet di siko, truk banyak parkir di tapi jalan (sering macet di sini, truk banyak parkir di pinggir jalan),” ujar Apid, warga Pauh yang ham­pir setiap hari melewati jalan itu.

Kondisi ini direspon Pemerintah Kota Padang. Walikota Padang H. Mah­yeldi Dt Marajo bertegas-tegas melarang kendaraan jenis apapun parkir di se­panjang jalan by pass Lubeg-Teluk Bayur.

“Jalan by pass ini tak boleh untuk parkir, karena se­panjang jalan ini bukan tempat parkir,” katanya, kemarin.

Walikota menugaskan Dinas Perhubungan agar bergerak cepat merapikan jalan tersebut. Terutama menindak tegas truk mau­pun kendaraan lain yang parkir di jalan by pass Lu­beg-Teluk Bayur.

Sikap tegas Pemko Pa­dang mendapat tanggapan positif dari warga dan peng­guna jalan. Zulfi, pengen­dara asal Kuranji men­du­kung penuh upaya Pemko merapikan jalan tersebut dari kendaraan yang parkir sembarangan.

“Benar itu, jalan ini su­dah lah rusak, macet pula karena kendaraan parkir seenaknya. Masa untuk ke Teluk Bayur saja bisa makan waktu setengah jam lebih,” ujarnya.

Hal yang sama diuta­rakan Henky. Lelaki ini berharap ada tindakan tegas dari petugas agar pemilik kendaraan yang parkir jera.(h/ows)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]