Pengamat: Publik Jenuh dengan Pilkada


Senin, 21 Desember 2015 - 01:49:01 WIB

“Pilkada serentak me­mang sukses, tapi masya­rakat agaknya tidak antu­sias. Mungkin ada faktor X, tapi sepertinya harapan akan perubahan yang mere­ka impikan tidak terpe­nuhi,” katanya di Surabaya, Minggu (20/12).

Ia mengemukakan hal itu menanggapi dominasi petahana di Indonesia hing­ga 70 persen, namun hal itu di­ikuti penurunan parti­sipasi pemilih. Misalnya, Tri Rismaharini unggul di Sura­baya dengan 86,34 persen namun pemilih hanya 50,48 persen.

Di Banyuwangi, Ab­dullah Azwar Anas menang dengan 88,96 persen namun pemilih hanya 59,47 persen. Atau, calon tunggal di Blitar unggul dengan 84,90 persen, namun pemilih hanya 57 persen. Menurut Krisnu­gro­ho, mereka yang tidak me­milih itu bukan berarti ti­dak suka dengan petahana, na­mun mereka sudah yakin pe­ta­hana akan terpilih, tapi me­reka memilih menjadi non votter untuk menyua­ra­kan keinginan akan adanya perubahan.

“Karena itu, tantangan petahana ke depan adalah membawa perubahan dalam kehidupan masyarakat. Ma­sya­rakat berharap petahana membuat program yang ber­­­pengaruh kepada mere­ka. Jadi, program petahana jangan fisik lagi, tapi pro­gram memberdayakan ma­syarakat,” katanya.

Baginya, dominasi peta­hana hingga 70 persen da­lam Pilkada serentak 2015 di seluruh Indonesia itu sesungguhnya menunjukkan kuatnya jaringan yang di­bangun para petahana sela­ma lima tahun silam. “Ka­re­na itu, mereka tak perlu su­sah payah mela­kukan pe­nge­nalan seperti calon lain, se­bab elek­tabi­litas mereka su­dah ter­ben­tuk,” katanya.

Bahkan, jaringan yang dimiliki itu dijadikan stra­tegi kampanye oleh sebagian petahana melalui sejumlah program pemerintah yang di­atasnamakan mereka. “Me­­reka sidak sebagai pe­ja­bat dan calon seka­ligus,” ka­tanya.

Tentu, hal itu tidak ber­laku untuk petahana dengan perolehan suara cukup ting­gi seperti Risma atau Anas. “Tapi, hal terpenting adalah mereka menangkap suara yang tak disuarakan untuk dijadikan program dalam kepemimpinan pe­rio­de ke­dua agar apatisme tidak semakin meningkat,” tutup Krisnugroho. (h/inl)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]