Delapan Pendonor Raih Penghargaan


Senin, 21 Desember 2015 - 01:58:28 WIB
Delapan Pendonor Raih Penghargaan Presiden Jokowi menganugrahkan Satyalencana Kebaktian Sosial kepada 8 Orang pendonor darah asal Sumbar. di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Jumat (18/12) pagi. (HUMAS)

Anugrah Satyalenacan Ke­baktian Sosial itu diserahkan kepada delapan pendonor asal Sumbar yang didampingi lang­sung Penjabat (Pj) Gubernur Sumbar Reydonnyzar Moenek  di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Jumat (18/12) pagi.

Acara Penganugerahan Sa­t­ya­lancana Kebaktian Sosial bagi Donor Darah Sukarela 100 Kali, Presiden Jokowi me­nga­jak se­luruh warga bangsa untuk me­ngi­kuti teladan para pen­donor  darah sukarela tersebut.  Karena dengan  tetesan darah yang dimiliki dapat mem­beri­kan sumbangan yang sangat berarti bagi kkehidupan sau­dara-sau­dara yang mem­butuhkan.

Presiden juga men­yampai­kan penghargaan yang setinggi-tingginya dan ucapan terima­kasih kepada delapan para pen­donor Sumbar yang telah secara sukarela sampai 100 kali men­yumbangkan darahnya. Presiden menilai tindakan ke­ma­nu­siaan yang mereka la­ku­kan itu tidak ternilai har­ganya sehingga pa­ntas­lah untuk dihargai.

Pj Gubernur juga me­nam­bah­kan, pemerintah, men­ya­dari bahwa untuk bisa mem­berikan pelayanan penyediaan darah yang aman dan ber­kua­litas membutuhkan dukungan yang lebih besar dari masyarakat.

“Untuk itu, gerakan nasio­nal donor darah yang telah dicetuskan pada acara hari peringataan hari ke­setia­ka­wa­nan nasional tahun 2007 di Kota Medan harus terus-me­nerus digulirkan, di­kam­panye­kan kepada masyarakat luas, sehingga mendorong mun­cul­nya aksi-aksi kemanusiaan yang bergerak mulai dari desa-desa sampai ke  kota-kota,” terangnya.

Arti penting reaktualisasi nilai-nilai solidaritas dan ke­pe­dulian terhadap sesama, yang selama ini selalu muncul sangat kuat pada momen momen ben­cana seperti, mulai dari tsu­nami, gunung meletus, banjir dan bencana lainnya.

“Dengan program donor darah, masyarakat diajak untuk berempati, rasa tenggang rasa sesama,  Yang mana ini meru­pakan bagian dari nilai-nilai kesetiakawanan nasional,” tuturnya.

Kepala Negara juga mem­berikan apresiasi dan peng­hargaan kepada keterlibatan Palang Merah Indonesia da­lam berbagai kegiatan aksi ke­ma­nusiaan, mulai dari ke­giatan pencarian dan pen­yampaian berita keluarga, pelayanan sosial kesehatan masyarakat, transfusi darah, hingga pem­binaan remaja dan relawan. (h/rel/mg-isr)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]