Piala Jenderal Sudirman

Kalah Adu Penalti, SPFC Tetap Lolos


Senin, 21 Desember 2015 - 02:02:20 WIB
Kalah Adu Penalti, SPFC Tetap Lolos

Semen Padang lolos dengan status juara grup dengan mengumpulkan poin tujuh. Dalam aturan piala Jenderal Sudirman tim yang kalah melalui adu penalti men­dapatkan poin satu sementara itu pemenanganya mendapatkan poin dua.

Semen Padang sebenarnya bisa bermain santai saat melawan Persija andai saja pertandingan antara Mitra Kukar melawan PS TNI, dimenangkan oleh PS TNI atau berakhir dengan penalti. Pertandingan PS TNI melawan Mitra Kukar lebih dulu dimainkan ketimbang laga Semen Padang melawan Persija.

Baca Juga : Lima Wakil Indonesia Lolos ke BWF World Tour Finals

Namun Mitra Kukar yang berhasil meraih keme­nangan atas PS TNI dengan skor 3-1, se­hingga Mitra Kukar meraih poin enam dan otomatis lolos kebabak semifinal karena memiliki seli­sih gol yang baik dibandingkan Semen Padang dan Persija jika sama-sama memiliki poin enam. Dengan hasil tersebut Semen Padang harus bermain mati-matian dari Persija untuk meraih tiket ke semifinal, sebab jika kalah lebih dari jarak satu gol maka Semen Padang yang ter­singkir. Sebab Persija akan ung­gul selisih gol.

Umpan Irsyad Maulana yang mampu menerobos masuk sisi kiri kotak penalti Persija nyaris saja membawa Semen Padang unggul sejak menit keempat. Sayang umpan matang Irsyad malah tak bisa disambut dengan tenang dan baik oleh Nur Is­kandar, yang sebenarnya tak begitu dijaga ketat oleh barisan belakang Persija.

Baca Juga : Kalah Beruntun, Pelatih Chelsea Frank Lampard Dipecat

Menit 12, giliran Persija yang mendapat peluang lewat tenda­ngan bebas dari jarak ideal. Emmanuel ‘Pacho’ Kenmogne yang mengambil tendangan masih gagal menemui sasaran, bola yang diluncurkan striker berpaspor Belgia itu membentur pemain Semen Padang.

Di menit-menit akhir sebe­lum istirahat, umpan jauh Hen­dra Adi Bayauw membahayakan pertahanan Persija, tapi Andri­tany berhasil mengamankan bola sebelum dijangkau oleh Nur Iskandar. Beberapa menit ber­selang, Persija lewat serangan balik yang digalang Pacho hanya mampu menghasilkan tendangan yang terlalu mudah diamankan Jandia Eka. Babak pertama pun akhirnya harus berakhir dengan skor imbang tanpa gol.

Baca Juga : Drama Lima Gol, MU Akhirnya Menang 3-2 atas Liverpool

Persija harus dihukum penal­ti setelah Maman Abdurrahman melanggar Hendra Adi Bayauw yang melakukan penetrasi di menit 63'.James Koko Lomell pun dipercaya menjadi algojo penalti, Andritany yang pernah melakukan penyelamatan saat Persija kontra Sriwijaya FC di fase grup tak bisa mengulanginya. Sebagaimana eksekusi James di menit 65' bisa mengelabui Andritany. 1-0 untuk Semen Padang.

Terlalu fokus menyerang, Persija malah kembali tersengat oleh Semen Padang. Lagi dan lagi Semen Padang menciptakan gol lewat serangan balik - taktik yang kerap mereka andalkan selama turnamen. Hendra Bayauw mam­­pu lolos dari jeba­kan offside, mengelabui Andritany yang coba menerjang dan Maman yang mengejar dari belakang. 2-0 untuk armada Nilmaizar menit 82'.akhirnya bisa mencuri gol balasan di menit 89'. Pacho yang menguasai bola di kotak penalti tak mendapat adangan berarti, sehingga mudah saja mencetak gol.

Baca Juga : Perburuan Kylian Mbappe, Real Madrid Dikabarkan Mundur

.Jelang laga berakhir, Pacho harus dilanggar di kotak penalti oleh Handi Ramdhan. Pacho yang jadi eksekutor pun mampu menyempurnakan tugasnya de­ngan gol sekaligus menyamakan kedudukan yang memaksa laga harus ditentukan dengan babak adu penalti.

Hendra Bayauw jadi pe­nen­dang pertama dan mampu mem­berikan angka untuk Semen Pa­dang. Persija pun mampu menga­mankan penalti pertama lewat eksekusi Emmanuel Kenmogne yang tak bisa dian­tisipasi Jandia Eka.

Andritany Ardhiyasa mampu menggagalkan penendang kedua dari Semen Padang, Satrio Syam. Tendangan Satrio lemah ke sisi kanan dan bisa dibaca Andritany. Maman Abdurrahman sebagai penendang kedua Persija mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

Penendang ketiga Semen Padang Irsyad Maulana mampu menaklukkan Andritany, kemu­dian Amarzukih bisa digagalkan oleh Jandia. Arifin Masril gagal karena tendangannya mem­ben­tur mistar, sedangkan Dirga La­sut sukses sekaligus memastikan kemenangan Persija lewat adu penalti. (h/mg-san)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 25 Januari 2021 - 23:49:04 WIB

    Lima Wakil Indonesia Lolos ke BWF World Tour Finals

    Lima Wakil Indonesia Lolos ke BWF World Tour Finals Dari lima wakil yang berada di peringkat delapan besar ranking Race to BWF World Tour Finals 2020, dua di antaranya datang dari sektor ganda campuran..
  • Senin, 25 Januari 2021 - 23:35:06 WIB

    Kalah Beruntun, Pelatih Chelsea Frank Lampard Dipecat

    Kalah Beruntun, Pelatih Chelsea Frank Lampard  Dipecat Frank Lampard  dipecat sebagai pelatih Chelsea setelah kalah lima dalam delapan pertandingan liga sehingga  klub London itu menempati posisi kesembilan dalam klasemen Liga Inggris..
  • Senin, 25 Januari 2021 - 07:32:34 WIB

    Drama Lima Gol, MU Akhirnya Menang 3-2 atas Liverpool

    Drama Lima Gol, MU Akhirnya Menang 3-2 atas Liverpool Drama lima gol tercipta saat Manchester United saat menjamu Liverpool pada putaran keempat Piala FA di Old Trafford, Senin (25/1) dini hari WIB. MU menang 3-2 atas Liverpool saling kedua tim saling balas gol. .
  • Senin, 25 Januari 2021 - 02:06:47 WIB

    Perburuan Kylian Mbappe, Real Madrid Dikabarkan Mundur

    Perburuan Kylian Mbappe, Real Madrid Dikabarkan Mundur Keinginan Real Madrid untuk mendapatkan Kylian Mbappe dan Erling Braut Haaland terancam. Raksasa Spanyol itu dikabarkan tidak akan sanggup mendatangkan kedua striker muda itu pada bursa transfer musim panas mendatang. .
  • Senin, 25 Januari 2021 - 01:47:27 WIB

    AC Milan Kalah dari Atalanta, Ibrahimovic Merasa Terisolasi

    AC Milan Kalah dari Atalanta, Ibrahimovic Merasa Terisolasi Pemimpin klasemen AC Milan kalah 0-3 saat menjamu Atalanta di pekan ke-19 Serie A 2020/21, Minggu (24/1/2021). Zlatan Ibrahimovic mengutarakan kesulitan yang dirasakannya di laga ini..
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]