Lapas Narkotika Bekali Warga Binaan dengan Pramuka


Selasa, 22 Desember 2015 - 02:28:49 WIB
Lapas Narkotika Bekali Warga Binaan dengan Pramuka

Kepala Lapas Narkotika Sawahlunto Badarudin menyebutkan, penghuni lapas yang terdiri dari 21 orang remaja itu, rutin pada hari kamis setiap pekannya, mengikuti latihan pramuka.

“Tujuan akhirnya kita harapkan dapat memberikan dampak positif bagi mereka, sehingga setelah keluar nantinya, mereka tidak mengulangi kesalahan yang telah diperbuat selama ini,” ungkap Badarudin.

Baca Juga : Percantik Ibu Kota, DLH Agam Sediakan Ribuan Bibit Tanaman Hias dan Pohon Pelindung

Pramuka menurut putra Palembang itu, merupakan salah satu kegiatan pembinaan yang ada di lapas. Meski terbilang belum dua bulan beroperasi, namun memberlakukan warga binaan kiriman dari lapas kota dan kabupaten lain di Sumatra Barat ini, dengan kasih sayang. Bahkan untuk menghilangkan kejenuhan warga binaan, diberikan latihan kepramukaan, serta kegiatan olahraga, membuat kolam ikan dan menanam pohon di sekitar lapas.

“Kita juga melaksanakan kegiatan penyuluhan serta bertani kecil kecilan, namun yang terpenting bagi kami, sesuai dengan fungsi melakukan pembinaan mental dan kepribadian, sehingga setelah bebas dari sini mereka dapat menjadi pribadi yang mandiri,” ungkapnya.

Baca Juga : Pasokan Berlimpah, Harga Cabai Merah Keriting Turun

Untuk latihan pramuka sediri, pihak lapas narkotika Sawahlunto bekerjasama dengan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka kota Sawahlunto, dan menjadwalkan hari kamis setiap pekannya melakukan latihan. Dengan latihan dan kegiatan lainnya itu diharapkan, warga binaan yang rata rata masih usia pemuda ini, akan lebih mantap untuk menjalani sisi waktu pembinaannya, dan setelah keluar nanti bisa menerapkan setiap ilmu yang didapat selama ini, dan tidak mengulangi kesalahan yang lalu.

Sementara itu Wakil Ketua Kwarcab Pramuka Sawahlunto Tumpak Abdurrahman kepada Haluan Senin (21/12) mengatakan, permintaan lapas narkotika untuk dibantu memberikan latihan kepramukaan bagi warga binaanya, sangat kami respon dan apresiasi. Kami, sebut Tumpak, berharap kegiatan ataupun latihan kepramukaan itu, bisa menjadi kegiatan bermanfaat bagi mereka, dalam mengevaluasi diri dari kesalahan yang telah diperbuat sebelumnya. (h/mg-rki)

Baca Juga : Zigo Rolanda: Izin RS Pratama Solsel Belum Keluar, Tenaga Medis Harus Dikembalikan ke Tempat Asal

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]