Harga Cabai dan Bawang Tinggi di Pasaman


Selasa, 22 Desember 2015 - 02:34:25 WIB
Harga Cabai dan Bawang Tinggi di Pasaman

Untuk cabai merah, te­lah menembus Rp48 ribu sampai Rp52 ribu per kilog­ram, sedangkan bawang merah kualitas bagus se­besar Rp48 ribu per kilog­ram. Salah seorang ibu rumah tangga, Fitri (32) yang diwawancarai Haluan di pasar setempat, harga cabai merah ini sudah me­masuki 3 minggu bertahan pada kisaran Rp50 ribu, sementara ada cabai merah yang hanya Rp30 ribu per kilogram, tetapi kualitasnya sangat buruk.

“kalau ingin harga mu­rah, ada cabainya yang banyak kandungan air dan mudah busuknya, sedang­kan cabai yang kualitas bagusnya paling murahnya ya Rp48 ribu lah,” te­ran­gnya.

Sementara itu, bawang merah dengan harga Rp48 ribu per kilogram itu, ciri-cirinya besar, tidak mudah busuk karena sudah kering, dan kelopak bawangnya pun masih nampak segarnya.

Salah seorang pedagang cabai, Irwan, menyebutkan mahalnya harga cabai me­rah karena pasokan cabai yang sulit didapatkan. Me­nurutnya, sulitnya pasokan cabai itu karena dipicu oleh kondisi yang saat ini musim penghujan. “Mungkin ka­rena musim hujan ini, Pak. Jadi banyak juga petani cabai yang gagal panen,” sebutnya. (h/col)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]