Limapuluh Kota Memiliki BBI Baru


Selasa, 22 Desember 2015 - 02:36:50 WIB

Kepala Dinas Perikanan Limapuluh Kota, Refilza yang dihubungi Senin ke­marin menuturkan, BBI tersebut diatas tanah seluas 4,3 hektar, pelaksanaan pekerjaannya selesai diker­jakan tepat waktu. ”Pemba­ngunan BBI itu, meman­faatkan Dana Alokasi Khu­sus (DAK) 2015 bantuan pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah dila­ku­kan serah terima pertama atau Provisional Handing Over (PHO).

Menurut dia, pemba­ngu­nan BBI terdiri dari 2 paket. Paket pertama diker­jakan CV. Suria Perdana dengan anggaran Rp. 500 juta lebih. Pekerjaannya terdiri dari pembukaan areal seluas 4,3 hektare, pem­buatan saluran air masuk dan keluar BBI central, pembuatan tandon atau areal penampungan air baku dan pembangunan kolam sebanyak 24 buah dengan ukuran 20 X 20 meter. 

Sementara pekerjaan paket kedua, senilai Ro 210 juta lebih, dikerjakan oleh CV. Eka Putra dengan pe­kerjaan fisik pembangun tempat packing, pembuatan pos jaga, rumah gudang pelet dan bangsal pem­beni­han. “ depan pembangunan BBI Aia Putiah akan ber­lanjut, dengan alokasi ang­garan  Miliaran Rupiah melalui Dana Alokasi Khu­sus (DAK),”ulasnya.

Dikatakan, Miliaran Ru­piah tersebut, akan diman­faatkan untuk membangun pagar sekeliling areal BBI seluas 4,3 hektare, pem­bangunan jalan masuk lo­kasi sampai ke kolam dan penam­bahan pengalian ko­lam, ter­masuk pembetonan kolam,” ‘ujar Ir. Refilza yang berhasil meraih Juara I tingkat Nas­ional Lomba Pembudidaya Perikanan (Pokdakan) kategori unit pembenihan rakyat tahun 2015. 

“Jika pembangunan BBI Aia Putiah ini benar-benar rampung dan seluruh fasi­litas telah dibangun dengan sempurna, maka BBI Aia Putiah ini nanti akan ber­pungsi sebagai penyuplai bibit ikan berkualitas dan unggul untuk Propinsi Riau, Jambi dan termasuk untuk kebu­tuhan masyarakat Ka­bu­­paten Limapuluh Kota dan Suma­tera Barat pada umumnya.

Lebih jauh diinfor­masi­kannya, dari tinjauan pihak Kementrian Perikanan dan Kelautan termasuk Dinas Perikanan Propinsi Suma­tera Barat yang datang ber­kunjung ke lokasi BBI Aia Putiah, menyatakan kekagu­mannya dengan prospek BBI Aia Putiah yang kon­disi­nya sangat mendukung dan ketersedian air yang memadai. (h/zkf)  

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]