Bengkolan Ngalau Rawan Kecelakaan karena Parkir Liar


Selasa, 22 Desember 2015 - 02:42:42 WIB
Bengkolan Ngalau Rawan Kecelakaan karena Parkir Liar Sejumlah mobil diparkir di salah satu bengkolan ruas jalan Ahmad Yani, Kelurahan Ngalau, Padang Panjang, Senin (21/12). (APIZ)

Don Black, salah seorang warga setempat menga­takan, di lokasi ini juga terdapat kantor KUA kecamatan Padangpanjang Timur, lokasi itu semakin padat kendaraan parkir apabila ada pelaksanaan nikah. Padat kendaraan parkir itu dapat mengundang kecelakaan akibat sempitnya jalan di tikungan tersebut.

Ia berharap kepada Pemerintah Kota Padang Panjang untuk mencarikan solusi guna menekan angka kecelakaan di daerah ini.

Dari pantauan Haluan , di bengkolan tersebut memang ada sebuah rumah makan yang memiliki pengunjung lumayan ramai. Para pengunjung memar­kirkan kendaraannya di sepanjang jalan bengkolan itu karena rumah makan tersebut tak memiliki lahan parkir, serta tak ada rambu-rambu lalu lintas yang melarang pengemudi kendaraan untuk berhenti dan parkir di sana.

Berdasarkan undang undang lalu lintas, jika pada ruas jalan itu terdapat markah jalan dengan garis tidak berputus, artinya tidak boleh mendahului, apalagi di sana merupakan tikungan tajam yang sudah kerap terjadi kecelakaan fatal menurut masyarakat setempat.

Kepala Dinas Perhubungan komunikasi dan Informasi, I Putu Venda mengatakan, pihaknya akan menyurvei lokasi tersebut dan akan mencarikan solusi untuk menekan angka kecelakaan di kawasan tersebut.

“Saat ini, rambu-rambu di daerah itu belum termasuk dalam perencanaan kami. Nanti akan kami survei. Jika memungkinkan, akan kami masukkan dalam perencanaan. Kami akan pasang rambu- rambu serta kaca pembesar di lokasi jalan bengkolan itu,” ujar Venda saat dihubungi Haluan, Senin (21/12).

Terkait masalah parkir liar di daerah tersebut, Venda mengaku kesulitan untuk menertibkannya karena di kawasan tersebut ada salah satu rumah makan, yang pengunjungnya memarkir kendaraan di sana. Namun demikian, ia akan mencoba mencari solusi bersama pemilik rumah makan itu. (h/mg-pis/)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]