Divonis Bersalah

Kamar Dt Rajo Indolangit Nyatakan Banding


Selasa, 22 Desember 2015 - 02:49:12 WIB
Kamar Dt Rajo Indolangit Nyatakan Banding

Usai pendaftaran banding, Senin (21/12) Syahindra Nurben menyebutkan, dalam kasus ini telah terjadi kriminalisasi yang dilakukan oleh pihak Unand terhadap masyarakat. Pasalnya, kasus ini sudah bergulir sejak tahun 1981 lalu hingga 1985, yang saat itu, tanah pusako milik Kamar Dt Rajo Indolangit seluas 11.651 m2 sedang bersengketa dengan KAN Limau Manis sampai berlanjut ke tingkat PN, PT hingga MA. Saat itu, dimenangkan oleh Kamar Dt Rajo Indolangit dengan putusan MA nomor. reg. 3669.K/PDT/1994.

“Sekarang klien kami sepertinya telah dikriminalisasi. Untuk itu, hari ini kami daftarkan banding atas putusan tersebut,” kata Syahindra kepada sejumlah wartawan.

Tidak hanya itu, lanjut Syahindra, pihaknya juga berencana akan melaporkan hakim tunggal yang menyidang kasus ini ke pihak Ombudsman, karena tidak menghadirkan saksi-saksi dari kliennya, yang saat itu berstatus terdakwa.

Ia menerangkan, dari 11.651 m2 luas tanah tersebut, 1.222 m2 di antaranya belum terbit sertifikatnya dari BPN. Pasalnya, ketika hendak dimohonkan kepada pihak BPN, ternyata tanah ini dalam masalah, bahwa Unand telah meng­klaim tanah tersebut sebagai milik Unand.

“Persoalan ini sudah diselesaikan dengan mediasi Kanwil BPN Sumbar dan Ombudsman Pusat supaya pihak Unand menata batas-batas sepadan antara tanah Unand (sertifikat hak pakai No. 1 tahun 1983) dan masyarakat. Akan tetapi, hal itu ternyata tidak dilakukan. Bahkan, Kamar Dt Rajo Indolangit dilaporkan ke Polda Sumbar atas tuduhan membangun di atas tanah milik Unand. Makanya, kini kami daftarkan banding atas putusan hakim tanggal 15 De­sember 2015 tersebut,” beber Syahindra. (h/hel)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]