Jelang Tutup Tahun

Padang Raih Penghargaan Transportasi


Selasa, 22 Desember 2015 - 02:50:05 WIB
Padang Raih Penghargaan Transportasi

Hari ini Selasa (22/12), Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Padang dijadwalkan menerima Trans­portation Safety Award (TSA) di Kantor Ke­menhub RI, Jakarta. Besoknya Rabu (23/12), Walikota Padang menerima Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) dari Presiden RI di Istana Negara.

Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Padang, Rudy Rinaldy kepada Haluan Senin (20/12),  di Padang, membenarkan. Piala WTN berhasil diraih Kota Padang untuk kedua kalinya sejak 10 tahun lalu. Piala tersebut merupakan supremasi tertinggi bagi daerah dalam tertib lalu lintas dan angkutan darat. “Piala WTN ini kembali ke kita raih untuk kedua kalinya setelah 10 tahun hanya memperoleh Plakat WTN saja,” terang Rudy.

Baca Juga : Tanaman Hias Jenis Keladi Paling Banyak Dicari Emak-emak di Padang

Penilaian WTN ini diantaranya meliputi pe­ngoperasian angkutan kota dan bus massal (Trans Padang), kepatuhan pada trayek yang ditetapkan, disiplin lalu lintas, fasilitas penyeberang jalan, juga rencana pembangunan transportasi ke depan. Hanya saja soal perilaku sopir angkot di jalan, keberadaan sopir ‘hoyak’ dan aksesoris angkot yang berlebihan, menjadi koreksi utama penilaian.

Sementara itu, Transportation Safety Award (TSA) atau Keselamatan Transportasi merupakan penghargaan baru yang diberikan mulai tahun ini. Karena itu pihaknya cukup kaget mendapat penghargaan tersebut. Apalagi tidak diketahui saat penilaiannya dan apa saja yang menjadi item penilaian. Untuk TSA ini, Kemenhub bekerja sama dengan tim independen melakukan penilaian tentang aplikasi safety riding, seperti penggunaan helm standar, safety belt, patuh pada marka dan lampu lalu lintas. “Penghargaan yang diraih ini tak terlepas dari peran serta masyarakat dan kerja keras berbagai pihak, termasuk jajaran kepolisian,” katanya. (h/vie)

Baca Juga : GOR H Agus Salim Padang Ditutup, Masyarakat Beralih Olahraga ke Unand

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]