Kekurangan Truk Penarik Kontainer

Sampah Masih ‘Banjiri’ Padang


Selasa, 22 Desember 2015 - 02:54:14 WIB
Sampah Masih ‘Banjiri’ Padang Tumpukan sampah terlihat di sekitar kawasan wisata Pantai Purus Padang.

Dari pantauan Haluan di beberapa titik di Kota Pa­dang, sampah terlihat masih menumpuk.

Kepala Dinas Ke­bersi­han Kota Padang mengaku, kekurangan truk penarik kontainer sampah.  

Tumpukan sampah ter­lihat di sekitar jembatan Siteba, banda kali di be­lakang UPI, dan bahkan di depan Danau Cimpago Pan­tai Purus, juga masih terlihat tumpukan sampah yang ba­unya cukup menusuk hi­dung.

Kondisi ini sangat di­sayangkan. Padahal sejak 1 Januari 2015, Pemko Pa­dang telah memberlakukan tindakan pidana ringan (Ti­piring), bagi siapapun yang membuang sampah sem­barangan di Kota Padang, dengan sanksi pidana 3 bulan penjara atau denda Rp 5 juta.

Namun Tipiring ter­sebut seolah tidak berjalan, sebab di beberpa ruas jalan kota Padang masih saja te­rilhat banyaknya kaleng minuman yang berserakan. Muslim, salah seorang ma­hasiswa perguruan tinggi negeri mengungkapkan ke­pada Haluan, dia memang sudah membaca beberapa spanduk tentang hukuman bagi siapa pun yang mem­buang sampah sem­ba­ra­ngan.

“Tapi saya lihat, banyak kok, orang yang buang sam­pah sembarangan. Namun biasa saja, tidak ada te­guran,” tutur Muslim.

Sementara menanggapi timbunan sampah di be­berapa titik di Kota Padang, Kepala Dinas Kebersihan Kota Padang Afrizal Khai­dir mengatakan, sampah menumpuk karena ku­rang­nya truk penarik kon­tai­ner,” ungkapnya.

Lebih jauh dia men­jelaskan, bak sampah dirasa sudah cukup, hanya saja saat ini Dinas Kebersihan Kota Padang kekurangan truk penariknya. “Mudah-mu­dahan kekurangan ini bisa segera ada solusinya,” ujar Afrizal Khaidir. (h/mg-ysn)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]