Wakil Bupati Terpilih Rusma Yul Anwar

Membangun Pessel Dimulai dari Peningkatan SDM


Selasa, 22 Desember 2015 - 03:14:29 WIB
Membangun Pessel Dimulai  dari Peningkatan SDM

Menurutnya, angka kemis­kinan di Pe­sisir Selatan umumnya disumbangkan oleh keluarga dengan pen­didikan yang relatif rendah. Ada perbedaan besar ting­kat kesejahteraan antara mereka yang memiliki SDM bagus dengan yang ber­pen­didikan dan keterampilan seadanya. Persoalan SDM jadi perhatian serius anak Painan ini.

Untuk hal itu, suami Yunesti Amd Kep ini telah memiliki pengalaman segu­dang selama memimpin Di­nas Pendidikan dan ke­tika menjadi tenaga pendi­dik, salah satu yang feno­menal adalah ketika me­nyusun visi dan misi yakni terseleng­garanya layanan prima pen­didikan untuk membentuk insan cerdas, berbudaya dan berakhlak mulia secara kom­­prehensif. 

Baca Juga : Prabowo dan Habib Rizieq

Semenjak ayah tiga anak ini menakhodai Dinas Pen­didikan Pessel, target yang termuat dalam visi itu telah berbuah manis di antaranya membaiknya mutu lulusan pendidikan asal daerah ter­sebut dan berhasilnya siswa menembus perguruan tinggi favorit di Indonesia.

Angka kelulusan peserta Ujian Nasional (UN) ting­kat SD, SLTP, SMA/MA dan SMK di Pesisir Selatan saban tahun selalu mem­baik. Dan bahkan puncak­nya sudah dirasakan pada tahun lalu yakni lulusan SMA daerah itu banyak me­nembus perguruan tinggi favorit di Indonesia. Pessel kini telah mensejajarkan diri dengan kabu­aten maju lainnya.

Baca Juga : Catatan Akhir Tahun (4): Selamat Tinggal Tahun Kelam

Menurut sumando rang Am­ping­parak ini , resep yang dipa­kainya untuk menjadikan dunia pendidikan Pesisir Selatan se­perti sekarang adalah melaksa­nakan layanan prima pen­did­i­kan di setiap satuan pendidikan. Meningkatkan penghayatan dan pengamalan agama yang dianut dan nilai-nilai budaya sehingga menjadi sumber kearifan bertin­dak dalam diri peserta didik.

“Lalu mengintegrasikan pro­ses pembelajaran intelektual, emosianal dan spiritual. Memas­yarakatkan budaya demokratis, watak kebangsaan dan wawasan masa depan dalam diri peserta didik dan tenaga pendidik. Kami juga mempertahankan dan me­ningkatkan penyelenggaraan pendidikan yang responsif adil dan merata,” ungkapnya.

Baca Juga : Catatan Akhir Tahun (2): Kita Sungguh Perlu Bersatu

Disebutkannya, tidak lupa pula meningkatkan kompetensi guru untuk menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan pembelajaran. Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan pendidikan yang berwawasan dan bermutu dan tidak lupa pula melaksanakan proses pembelajaran yang ber­nuansa surau.

Al hasil semenjak tahun 2012 hingga saat ini, lulusan hampir mencapai 100 persen. Tingginya angka kelulusan ini merupakan kerja keras para pendidik, siswa, masyarakat dan kelompok mas­yarakat yang peduli pada pendi­dikan. Pemerintah memberikan apresiasi positif kepada pelaku pendidikan, siswa dan masya­rakat. Soalnya, berkat kerjasama mendorong pendidikan Pessel, telah terjadi perubahan signifi­kan terhadap angka kelulusan UN.

Baca Juga : Catatan Akhir Tahun(1) : Ekonomi Menyedihkan

Selanjutnya tugas berat yang menunggu adalah upaya me­ningkatkan SDM para petani, nelayan dan kelompok profesi lainnya dengan keterampilan kerja yang memadai.

Petani dan nelayan perlu mendapatkan pe­ning­katan kapa­sitas baik individu maupun ke­lompok. Petani dan nelayan juga perlu akses untuk mendapatkan faktor-faktor pro­duksi dan semua itu sangat ter­gan­tung SDM yang baik. Selamat bertugas wakil Bupati Pessel yang baru!. (*)

 

Laporan:
HARIDMAN KAMBANG
 

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]