Polres Libatkan LKAAM Atasi Masalah di Nagari


Rabu, 23 Desember 2015 - 02:26:55 WIB

Kapolres mengatakan hal itu dalam wawancara akhir tahun de­ngan sejum­lah wartawan anggota PWI yang bertugas di Agam di ruang kerjanya, Selasa (22/12) kemarin.

Menurut Kapolres, lem­baga adat ini berpotensi mengantisipasi gang­guan keamanan di lingkungan­nya,karena anggotanya pim­pinan adat yang sangat me­ngetahui ka­rakter dan kon­disi anak kemana­kanya.

”Prilaku seorang untuk mela­kukan sesuatu dipenga­ruhi oleh karakter dan kon­disi, seperti kondisi pereko­nomiannya, hal itu diketahui oleh mamak adat sebagai pimpinan anak kemanakan di nagari,” kata Eko.

Namun bagaimana ben­tuk kerja­sam dengan LKA AM tersebut Kapolres be­lum dapat menye­butkannya.

Juga dikatakannya per­sonil ke­polisian belum men­cukupi secara ideal yakni satu orang polisi untuk me­nga­mankan 450 orang warga masyarakat, sehingga po­lisipun belum mampu me­nempatkan ang­gotanya pada setiap nagari.

Sementara mengenai kasus nar­koba Kapolres mengatakan kondisinya me­mang darurat, hal itu di­tandai dengan banyaknya kasus yang mencuat dan dibentuknya BNN sampai ke kabupaten.

Dijadikannya masalah narkoba menjadi darurat nasional karena telah ba­nyak kasus dan dapat memi­cu berbagai tindak kriminal serta merugikan diri sendiri, bagi mas­yarakat akibat nar­ko­ba yang sering dirasakan munculnya pencurian.

”Berdasarkan kasus yang ditangani terung­kap­nya pelaku nar­koba keba­nya­kan dari pengem­bangan kasus pencurian seperti pen­curian sepeda motor,” kata Kapolres. (h/ks)







Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM