Dinkes Targetkan Dokter Kecil Maju Tingkat Nasional


Rabu, 23 Desember 2015 - 02:27:16 WIB
Dinkes Targetkan Dokter Kecil Maju Tingkat Nasional

“Tahun 2016, kita menargetkan untuk dokter kecil dari sekolah dasar di Agam bisa masuk tingkat nasional,” kata Kepala Dinas Kesehatan Indra didampingi Kasi Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM), Azra Nofrizal di Lubuk Basung.

Ia menjelaskan, pada 2016 telah menggangarkan dana sekitar Rp25 juta dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Agam, untuk melaksanakan penilaian lomba dokter kecil di tingkat kecamatan dan Kabupaten Agam.

Baca Juga : Selasa Depan, 1.292 Tenaga Kesehatan di Agam Jalani Vaksinasi Covid-19

Disamping itu, pihaknya juga akan melaksanakan lomba untuk kader Posyandu yang berada di 23 Puskesmas yang ada di Kabupaten Agam. Tambahnya, kriteria penilaian yakni, penilaian kecerdasan, pengetahuan terhadap kesehatan, interaksi sosial, kepemimpinan dan analisa.

Saat ini jumlah dokter kecil sebanyak 3.446 murid dari 470 unit sekolah dasar (SD) di 16 kecamatan. Sedangkan untuk kader Posyandu tercatat sebanyak 850 orang.

Baca Juga : Disdik Solsel Bahas Kelanjutan Sekolah Tatap Muka

“Pada 2015, dokter kecil dan kader Posyandu Kabupaten Agam hanya bisa masuk tiga besar di Provinsi Sumatera Barat dan diharapkan pada 2016 bisa masuk ketingkat nasional,” katanya.

Untuk itu, pada 2016 akan dilakukan berbagai pembinaan kepada peserta agar bisa masuk ke tingkat nasional. Itu dimulai dengan persiapan dan pembinaan.

Baca Juga : Berikut Rincian Sumber Bantuan Bencana Banjir Bandang Solsel 2019

Selain mencari utusan dari Kabupaten Agam, lomba ini juga bertujuan untuk menciptakan kader-kader anak bangsa yang memiliki pola pikir hidup sehat.

Lalu, membangun pola pikir sikap dan perilaku hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari terutama untuk meningkatkan derajat kesehatan diri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lainnya.

Baca Juga : Kuota Berkurang, Disperta Solsel Sarankan Petani Manfaatkan Pupuk Organik

“Kami berharap dengan lomba yang akan dilaksanakan pada 2016 terciptakan generasi yang berprilaku hidup sehat dan bersih,” ujarnya. (h/amc)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]