Sukses Baznas Padang Pariaman Tahun 2015

Pemasukan Rp6 Miliar, Disalurkan Rp7 Miliar


Rabu, 23 Desember 2015 - 02:30:49 WIB
Pemasukan Rp6 Miliar, Disalurkan Rp7 Miliar

“Target pemasukan Baznas 2015 sebesar Rp6 milyar, sedangkan penyalurannya telah melebihi dari Rp7 milyar,” ujar Ketua Baznas Padang Pariaman, Syamsuardi Surma pada Haluan, Selasa (22/12) di ruang kerjanya.

Menurut Syamsuardi, untuk target pengumpulan dana Baznas tahun 2015 sebesar Rp6 milyar telah tercapai.  Untuk  tahun 2016 pihaknya menargetkan sebesar Rp7 milyar. Besarnya penyaluran dana zakat  dibanding pemasukan menurut Syamsuardi, karena adanya sisa dana Baznas yang tidak tersalur pada akhir tahun 2014 lalu. “Ini merupakan hal yang biasa, karena dana yang masuk pada petengahan dan akhir Desember hanya bisa disalurkan pada awal tahun selanjutnya,” jelas Syamsuardi.

Baca Juga : Harga Cabai Rawit di Lubuk Basung Tembus Rp80 Ribu Perkilogram

Dicontohkan, dana yang masuk pada akhir Desember 2015 ini, hanya dapat disalurkan pada awal 2016 nanti. Dijelaskan Syamsuardi, realisasi penyaluran dana 2015 sesuai dengan 6 program Baznas, yakni, program Padang Pariaman Sehat, Padang Pariaman Cerdas, Padang Pariaman Makmur, Padang Pariaman Taqwa, Padang Pariaman Sejahteraa dan Padang Pariaman Peduli.

Pada program Padang Pariaman Sehat, Baznas telah menyalurkan dana pada 516 orang keluarga miskin yang dirawat di rumah sakit. Untuk Padang Pariaman Cerdas disalurkan bantuan untuk 4814 siswa/mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan untuk program Padang Pariaman Makmur juga telah dilakukan bedah rumah terhadap 16 KK miskin.

Baca Juga : Percantik Ibu Kota, DLH Agam Sediakan Ribuan Bibit Tanaman Hias dan Pohon Pelindung

Sementara itu Padang Pariaman Takwa diberikan santunan terhadap para guru guru mengaji, imam/khatib ataupun pengurus mesjid sebanyak 1076 orang. Program Padang Pariaman sejahtera diberikan bantuan modal usaha bagi 722 KK keluarga miskin, serta Padang Pariaman peduli juga disalurkan bantuan untuk 1025 masyarakat yang dapat musibah. Salah satunya, seperti korban kebakaran.

Besarnya manfaat dari program Baznas ini untuk kemaslahatan umat dan kesejahteraan masyarakat Padang Pariaman, ketua Baznas berharap pada masyarakat, untuk memberikan kepercayaan terhadap Baznas dalam menyalurkan zakat.  “Pada tahun 2015 ini telah dimulai oleh beberapa perantau memberikan kepercayaan tersebut pada Baznas,” akunya.

Baca Juga : Pasokan Berlimpah, Harga Cabai Merah Keriting Turun

Sejak Baznas Padang Pariaman ini berdiri, menurut Syamsuardi penyalurannya tetap sesuai petunjuk asnaf nan delapan,  dan dana yang masuk tidak akan dibiarkan berada dalam rekening. “Dana yang masuk, langsung disalurkan pada yang mustahik menerimanya,” terang Syamsuardi. (h/ded)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]